05/07/2016

Jelajah Sydney #25 - Jalan-jalan ke Blue Mountains

Onto the next checkpoint in New South Wales - kali ini saya pergi ke Blue Mountains, tempat wisata lainnya yang akrab disandingkan dengan Sydney, sang kota terpadat di Benua Australia. #throwbackJun2015



Saya ke sini naik mobil, lanjutan dari trip sebelumnya ke kebun binatang Featherdale Wildlife Park. Jarak antar keduanya sekitar 32 km atau sejauh dari Jakarta Pusat ke BSD. Wisatawan cukup banyak meski nggak terlalu padat.



Tidak jauh dari tempat parkir ada area lapang untuk turis bisa memandang dan menikmati suasana sekeliling. Dari batu yang ada di sana, saya jadi tahu area dimana kita bisa menikmati Blue Mountains ini bernama "Katoomba". Lucu yaa namanya (jadi inget iklan shampo ketombe jadul yang kutubaba kutubaba itu).



Sesuai namanya, Blue Mountains memang adalah wilayah pegunungan. Ketika mata ini memandang sekeliling tempat, memang nampak pegunungan di sisi kiri kanan depan dan belakang. Kata kakak, tempat ini disebut Blue Mountains karena pegunungannya nampak kebiru-biruan jika dipandang dari kejauhan gini.



Turun tangga ke bawah sedikit, nampak Jamison Valley. Di sini berdiri tiga batu yang terkenal (sisi kiri foto) bernama Three Sisters. Kakak saya mengajak kami untuk turun hiking ke sana (ada 800 anak tangga menuju ke Echo Point Road, jalan dimana Three Sisters berada), tetapi ternyata saat itu sedang direnovasi sehingga tidak ada akses ke sana.



Ada beberapa tempat menarik di area ini yang disebutkan dalam peta, yaitu Fire Tower (yang bisa dilihat dari kejauhan jika mata Anda cukup jeli), Old Tramway Track menuju ke The Ruined Castle (nama kastilnya keren ya... kayak harpot harpot gimana gitu), Jenolan Caves (gua yang kata mbah Google oke pisan - you guys should check it out, saya nggak sempat mampir karena jaraknya masih 28 km away), Malaita Point, dan Scenic World.



Ternyata Queen Elizabeth pernah mampir ke sini pada tanggal 12 Februari 1954. Sampai dibuat batu untuk mengenang hal itu.




Pemandangan ke atas dari bawah sini. Love the clear blue sky! ❤❤


Setelah itu, saya hiking mengikuti trek yang ada. Banyak pohon yang sudah kering kerontang karena saat itu sudah masuk musim dingin di Sydney. Sembari menyusuri trek, sempat ngelihat Scenic Cableway dengan warna kuningnya yang cerah. Ternyata bisa naik kereta gantung menyeberangi lembah di sini.


Dari hiking tersebut saya sempat melihat air terjun Wentworth Falls juga dari jarak yang nggak jauh-jauh amat, tapi juga nggak dekat-dekat amat. Dan ketika sampai di penghujung trek nampak 1-2 ekor burung sedang asyik mencari makanan sambil bermandikan sinar matahari. Huaaa, pengen nangis kalau ingat jalan baliknya ke parkiran jauh banget, haha :) Sudah lama saya nggak merasakan kaki serasa mau copot karena pegalnya alamak. Baru kali itu saya ngiri sama burung karena punya sayap.


EmoticonEmoticon