16/07/2016

DIY: Masak #1 - Membuat Sticky Soba Noodle dengan Sosis dan Bakso

Sebentar lagi waktunya dinner. Sudah lapar dan tiba-tiba saya pengen makan bakmi. Ngubek-ngubek lemari dan pas sekali nemu bungkusan Mie Soba yang pernah saya beli di sebuah supermarket Jepang tapi belum pernah saya masak. Horeee.. jadi nggak perlu buat mie instan deh, masak sendiri aja mumpung punya mie kering ini.

Kalau gitu dimasak pakai cara gampang aja deh, abis perut udah mulai bikin konser dan masaknya mendadak. Pengennya bikin mie soba dingin, tapi karena sudah lapar sangat malas cari resepnya dan nggak yakin punya bahan yang dibutuhin, jadi masaknya pakai intuisi dan bahan-bahan basic yang lagi nongkrong aja di lemari bumbu dan lemari es rumah 😛:

1. Bumbu halus yaitu 2 bagian bawang merah yang diblender dengan 1 bagian bawang putih (untung saya sudah punya stoknya: sekotak makan penuh blenderan bawang merah dan bawang putih di freezer, jadi nggak usah iris-iris atau ulek-ulek lagi, hoho..)
2. Lada, garam, minyak goreng, dan sagu secukupnya.
3. Sosis dan bakso
4. Mie soba, pastinya 😁



Saatnya masak:
1. Rebus mie soba dan bakso dalam air garam yang telah mendidih. Sambil ngecek-ngecek biar nggak kelamaan, takut terlalu mushy mie-nya.
2. Tumis blenderan bawang merah dan putih dengan minyak goreng yang telah panas. Lalu goreng sosis dalam tumisan bumbu halus tersebut.
3. Masukkan sosis beserta seluruh tumisan bumbu halus ke dalam rebusan mie soba.
4. Tambahkan lada dan garam. Aduk hingga seluruh bumbu merata.
5. Tambahkan sagu yang sebelumnya telah dilarutkan dengan dua sendok makan air.
6. Aduk hingga kental.


Daaaan... jadi sudah. Mie soba yang kental dan hangat dengan campuran bakso dan sosis. Atau nama gaulnya: Sticky Soba Noodles with Sausages and Meatballs. Lol. Rasanya not bad deh, haochi-haochi... apalagi mie soba 'kan terbuat dari buckwheat dan (katanya) mengandung banyak nutrisi.

Yang nggak kalah penting juga neh, setelah makan saya jadi kenyang dan kembali bersemangat, hahaha!


EmoticonEmoticon