15/10/2015

DIY: Random #9 - Ide Bersedekah Lewat Celengan

Di atas meja rekan kerja saya ada sebuah benda yang cukup mencolok, yaitu sebuah kaleng yang penuh dengan gambar dan tulisan. Ternyata benda tersebut adalah celengan yang dipakai untuk bersedekah. Wuah, sungguh ide yang menarik dan sangat applicable, khususnya untuk kita yang sulit sekali bersedekah meskipun niat sudah segunung Everest: pakai celengan!



Ternyata celengan bukan hanya berguna untuk mengajarkan anak kecil supaya rajin menabung, tetapi juga bermanfaat untuk kita agar rajin menyisihkan uang kembalian, baik koin atau ribuan, yang meskipun tampak tak seberapa, tapi kalau dikumpulkan secara konsisten, apalagi oleh banyak orang bisa membantu orang lain yang membutuhkan dan mengubah hidup mereka.



Tampak bawah celengan. Dari penampilan luarnya sih, tampak sulit dibuka. Mirip tutup kaleng biskuit yang susah sekali dibuka kalau tidak pakai ujung kunci rumah dan tenaga ekstra.



Celengan ini juga disertai dengan gambar seputar bantuan nyata apa saja yang telah organisasi pencetus celengan ini salurkan melalui dana yang terkumpul dari donatur. Celengan juga dilengkapi sejumlah informasi yang berguna.



Ternyata celengan ini di-issue oleh PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat). Setelah ai coba gugel, ternyata PKPU adalah sebuah NGO yang menyalurkan sedekah dan zakat kepada berbagai pihak. Situsnya tampak professional dan juga lengkap dengan berbagai fitur. Bahkan ada mobile app-nya juga di Android Play Store.

Saat saya coba cari di Google News pun ternyata banyak situs berita nasional yang meliput kegiatan yang PKPU lakukan, dan ternyata ada beragam loh, bukan hanya 1-2 saja, seperti penyaluran air bersih, paket perlengkapan sekolah anak yatim korban tsunami Aceh, penyaluran masker dan layanan kesehatan untuk korban asap, bantuan untuk pengungsi Rohingya, dsb. Dalam situs PKPU memang tertulis ada banyak program yang didukung PKPU yang dikelompokkan dalam 6 kategori (Pendidikan, Ekonomi, Tanggap Darurat, Kesehatan, Sosial, Yatim). Very inspiring, yah!


EmoticonEmoticon