19/09/2015

Jelajah Korea #6 - Ada Apa di N Seoul Tower? Temukan 9 Hal Berikut!

Sejumlah pengunjung datang dengan Namsan Electric Bus

Namsan Seoul Tower atau yang beken disingkat dengan sebutan N Seoul Tower adalah perhentian saya dan teman-teman yang kesekian di Seoul setelah mengunjungi beberapa spot wisata lainnya sebelumnya. Untuk sampai ke sini saya dan teman-teman datang naik Seoul City Tour Bus (klik untuk tahu lebih lanjut soal bus itu). Hmmm.. kabarnya ada juga beberapa angkutan lain seperti memakai Namsan Cable Car atau naik Namsan Electric Bus (woww, ada Bus Listrik!!).

Dan...ngosh..ngosh.. rasanya untuk sampai ke Tower ini jauuuh banget, karena letaknya ada di puncak bukit, ditambah lagi bus-nya itu nggak berhenti tepat di pintu masuk gedung sehingga kami harus jalan menanjak ke atas untuk sampai ke gedung tersebut. Lumayan empot-empotan dan bikin keringetan, wkwk... Karena itu kalau nggak mau mandi keringet, usahakan jangan bawa barang banyak-banyak. Jadiii... ada apa aja yah di tempat ini?

1. TEMPAT BELI KARCIS MASUK



Tempat setenar ini nggak mungkin gratis kan. Hahaha.. Jadi siap-siap merogoh kocek untuk ditukar sama tiket. Ada dua tiket yang bisa dibeli, yakni tiket makan dan tiket masuk.




Karena nggak merasa lapar, ditambah lagi harga paket makannya juga bisa bikin melempem kantong (berkali-kali lipat harga makan normal di Daejeon), saya pun nggak berminat untuk beli makanan di sini. Dari keterangan di papan bisa dilihat ada dua paket yakni "Neo Korean Cuisine HanCook Package" dan "The Exclusive French Restaurant n.GRILL". Menariknya, harga tiket makanan dibedakan berdasarkan usia. Hmm.. mungkin mempengaruhi porsi kali yaah...




Untuk tiket masuk juga dibedakan berdasarkan usia, yaah layaknya tempat wisata pada umumnya, tapi klasifikasinya lengkap banget deh, mulai dari infant (3 tahun ke bawah), child (3-12 tahun), senior (65 tahun ke atas), teenager (13-17 tahun), dan adult (18 tahun ke atas).

Harga tiket juga dibedakan berdasarkan paket yang mau kamu masuki, ada observatory (maksudnya naik ke puncak gedungnya; disini kamu bisa pilih lagi mau lihat-lihat sendiri atau pakai audio guide) dan ada juga teddy bear museum (yup bener! Di sini ada museum beruang yang terkenal itu lhooo). Kamu bisa pilih kombinasi dua paket tersebut dengan harga yang lebih murah dibanding beli masing-masing tiket terpisah. Saya yang masuk kategori adult pun memilih kombinasi dua objek wisata itu sehingga total yang harus saya bayar adalah 14.000 won.


2. TEDDY BEAR MUSEUM



Ada dua Teddy Bear Museum di Korea: satu di Jeju dan satu di N Seoul Tower ini. Keduanya sama-sama mengasyikan: memamerkan banyak sekali boneka beruang mulai dari yang ukuran mini, sedang, sampai yang raksasa, namun disajikan dalam konteks dan tampilan yang berbeda. Teddy Bear di Jeju mewakili berbagai tokoh yang namanya membahana di dunia internasional baik itu fiksi maupun non-fiksi, misalnya ada Monalisa, the Thinker, Elvis Presley, Michael Jordan, tokoh-tokoh kartu poker, dsb.

Sedangkan Teddy Bear di Seoul menceritakan tentang sejarah dan kebudayaan Korea, banyak boneka yang bisa bergerak dan sudah diatur agar menggambarkan scene kehidupan orang Korea di masa lampau. Jadi, meski sudah pergi ke museum yang satu, tidak ada salahnya pergi ke museum satunya lagi, karena isinya berbeda sehingga masih menarik untuk dilihat. Koleksinya ada banyak sekali. Naah.. berikut ini adalah contoh Teddy Bear yang ada di N Seoul Tower.





3. POHON GEMBOK CINTA


Yang satu ini nggak kalah menariknya: pohon cemara yang terbuat dari buaaaanyak sekali gembok cinta. Saking menariknya, cerita ini saya tuliskan duluan secara terpisah di sini. Sebetulnya bukan cuma pohon doang sih yang dipenuhi gembok-gembok ini, tapi ada juga pada patung besi berbentuk hati raksasa serta pagar besi yang akan membuat mata kita tersenyum. Sayang karena waktu saya terbatas, nggak sempat ambil foto deh... T.T

4. PATUNG HAECHI




Haechi (atau Xiezhi) adalah makhluk legenda yang dapat ditemukan dalam mitos China dan Korea. Pemerintah kota Seoul merasa image yang dimiliki kota Seoul tidaklah kuat. Mereka menyadari bahwa berbagai kota besar di seluruh dunia, seperti New York, Paris, dan London memiliki simbol, motto, atau iconyang memberikan city image yang kuat. Karenanya Seoul dianggap membutuhkan icon untuk memperkuat imagenya di mata dunia.

Haechi pun diumumkan sebagai simbol kota Seoul pada bulan Mei 2008. Kemudian karakter Haechi Brand Image (BI) dikembangkan lewat survei dengan penduduk Seoul dan konsultasi dengan para ahli. Maka lahirlah karakter kuning bersayap ini dimana wajahnya bisa ditemukan di berbagai item promosional di Seoul, seperti T-shirt, mug, patung, dsb, bahkan ada taksi Haechi segala lhoo... [Source of info: english.seoul.go.kr]

5. GEDUNG NAMSAN TOWER



Dengan cat putihnya, landmark kota Seoul ini menjulang tinggi tinggi sekali (mencapai 236,7 m lhoo) dimana angka ini ternyata jauh lebih besar daripada Monas yang tingginya sekitar 130-an meter. Katanya night view-nya keren banget soalnya bakal ada lampu yang menyala, sama seperti Monas gitu.

Nggak lupa foto bareeenggg.. waktunya semua masuk ke frame :)

6. TEMPAT OBSERVATORI DI PUNCAK





Sebagian Seoul dilihat dari atas. Ada jasa foto juga dengan pemandangan kota ini sebagai background-nya kalau kamu nggak bawa kamera. Ada jasa dinner juga di atas sini, dan bisa muter gitu restorannya. wuaah.. pastinya romantis banget buat nge-date, apalagi kalau malem banyak lampu kelap kelip.


Ada deretan gunung! (Kalau nggak salah) itu Namsan Mountain.
JAKARTA, Indonesia: 5.268,18 km dari jendela ini!
dan pastinya ada.. TEROPONG untuk lihat pemandangan dari atas sini.





7. GIFT SHOP
It's the N Gift Shop! Ada di lantai 1 dan lantai puncak.
Gift Shop Lantai 1: Banyak souvenir lucu dengan harga agak mahal
Sejumlah produk yang dijual di gift shop ini
N for Namsan! Huruf N raksasa yang ada di gift shop lantai puncak...


Drinkware warna-warni bertuliskan love me,take me, dan drink me.
Juga ada magnet kartun kekinian yang terlihat sweet.
Strap handphone kece seharga @12,000 won.
Cover passport bertema pengantin Korea (pembuatnya: miraclekorea.co.kr)

8. JASA KIRIM POSTCARD




Dari menara N ini, kamu bisa mengirimkan kartu pos kemana aja ke seluruh dunia. Tagline-nya bener gitu, haha: "Love N Letter - The Highest Post Office". Caranya: beli kartu pos, tulis pesan, tempel perangko (included di sejumlah postcard atau sertakan 400 won untuk gantikan perangko; kalau ke luar negeri +200 won lagi), dan masukkan ke kotak pos.



9. SYUTING! WooHoo...


Woohoo, my lucky day! Waktu saya mau pulang tiba-tiba terkejut karena ada sekelompok kru yang lagi syuting bareng dua orang artis di jalanan mendaki menuju N Seoul Tower. Kayak talk showatau reality show gitu. Tapi masalahnya saya nggak kenal siapaaa... T.T Huaaa.. Kalau begini, ketemu artis Korea sama aja bo'ong dehh, soalnya nggak kenal juga... My lucky day was not that lucky after all. *sulking* Wish any of you were Lee Seung-gi, dear unknown Oppas!


Chalgayo, wahai artis tak kukenal...


EmoticonEmoticon