08/07/2016

DIY: Digital #6 - Membuat Background Transparan dengan POWERPOINT: 4 Langkah Saja!

Siapa sangka membuat background transparan bisa pakai PowerPoint. Sangat gampang! Tiba-tiba berasa cheated my whole life saat dikasih tahu teman kalau ternyata kita bisa loh pake PowerPoint untuk bikin background foto jadi transparan. Nggak perlu pakai Photoshop, asalkan hanya satu warna saja bagian foto yang ingin kita buat jadi transparan (= warna background-nya merata).

Heh, tenyata begituuu... Anak balita juga bisa kalau begini! 😆 Langkah-langkahnya seperti ini:


Ini dia gambar ingin saya buat transparan latar belakangnya. Karena fitur ini hanya bisa dilakukan pada SATU warna saja pada foto (tidak bisa bikin 2 atau lebih warna sekaligus menjadi transparan), maka saya memilih foto yang warna background-nya memang merata (atau tepatnya, pas ambil foto sengaja dijepret sedemikian rupa supaya warna background-nya merata), yakni hitam pekat pada foto ini.


Langkah #1: Insert foto yang Anda mau edit ke dalam PowerPoint.


Langkah #2: Klik gambar Anda >> Klik tab "Format" di paling kanan >> Klik fungsi "Color" >> Pillih "Set Transparent Color".


Efek Langkah#2: Kursor akan berubah menjadi bentuk pena seperti ini.


Langkah #3: Taruh kursor berbentuk pena pada bagian foto yang ingin Anda buat jadi transparan. Klik dan eng-ing-engggg... warna tersebut akan langsung berubah jadi transparan!! Background foto es krim saya kini sudah hilang warna hitamnya. Sekarang klik kanan dan pilih "Save as Picture".


Langkah #4: Pilih format .png untuk menyimpan foto Anda. Maka selesailah sudah. Sesimpel itu. Whaaattt, 😱😫 semudah inikah caranya?!! Apa yang telah aku lakukan selama ini... *pasang muka sinetron* + *garuk-garuk tanah*


Btw, ingat yaa guys... Jangan lupa untuk menge-save gambarnya dalam format .png. Sebab kalau disimpan dalam format lain, misalnya .jpg, warna background hanya akan berubah menjadi putih dan bukan transparan. Selamat mencoba!!

NB: kalau misalnya Anda pakai WPS Office Presentation dan bukan Microsoft PowerPoint, fitur ini juga ada loh (langkah-langkahnya sama, cuma beda label aja, misalnya di langkah kedua yang dipilih adalah "Picture Tools" >> "Color" >> "Set Transparent Color").


EmoticonEmoticon