06/07/2016

DIY: Digital #5 - Ada Keyboard Emoticon di PC Windows 10, Loh! Ini Dia Cara Memunculkannya

Hobi menulis di dunia maya ada kalanya membuat saya perlu menggunakan aneka wujud emoji untuk mengekspresikan maksud tulisan saya dengan lebih akurat. Kalau dulu saya sering copas dari hasil gugling, sekarang sudah tidak perlu lagi.

Ternyata di Windows 10 yang jadi O/S PC saya, ada keyboard emoji yang sudah built-in, alias nggak perlu download tool-nya lagi di inet. Yay for that! Menulis jadi makin menyenangkan, deeeh... 😆😆 Oh ya, emoji ini akan terlihat seperti kartun warna warni (wujud aslinya) saat dibuka dari hp Samsung (i don't know sih kalau dari hp lain apakah nampak hitam putih atau warna warni juga).
  
Cara memunculkannya mudah loh, yaitu sebagai berikut:
  

Langkah 1: Taruh kursormu di bawah, yakni pada taskbar yang berwarna hitam. Kemudian klik kanan dan pilih "Show touch keyboard button"
  
Langkah 2: Setelah itu akan muncul icon berbentuk keyboard di sudut kanan bawah komputer Anda, persis di sebelah keterangan waktu dan tanggal. Klik icon tersebut dan...
  
Langkah 3: Voila! Muncullah keyboard berukuran besar di bagian bawah. Kalau Anda merasa posisi keyboard ini menghalangi screen Anda, keyboard bisa dipindahkan dengan mengklik icon "Undock" di sudut kanan atas keyboard. Untuk melihat pilihan Emoticon/Emoji, tekan icon berbentuk smiley face yang ada di sebelah fungsi "Ctrl".
  
Langkah 4: Di sini Anda akan menemukan banyak pilihan emoticon sesuai kategorinya masing-masing, seperti yang biasanya tampak di smartphone. Perhatikan bahwa pada sisi kiri keyboard, ada panah ke kiri dan kanan, persis di bawah fungsi "Tab". Gunakan panah tersebut untuk scroll down atau scroll up untuk melihat lebih banyak lagi pilihan emoticon. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon