30/04/2016

Jelajah Sydney #21 - Kerennya! Menikmati View Bangunan Tua Bergaya Eropa di University of Sydney

Media The Huffington Post mengkategorikannya sebagai salah satu dari 15 universitas dengan gedung tercantik di dunia. Yupp, sejumlah bangunan di sana memang cantik dan sayang untuk nggak dipamerin di timeline instagram atau sekedar manjain mata. Ini dia universitas tertua di Sydney, sista: University of Sydney!



Setelah nyaris 1 jam keliling Glebe, sampai juga saya di USyd. Yay!



Suwer, selonjoran di kursi ini wuenak pol. Kalau nggak ingat waktu, bisa-bisa saya pules di sini. Unik pula desainnya, macam melayang di udara. Pengen pretelin, terus tancepin satu di teras rumah.



Di kampus ini juga ada beberapa toko, seperti toko yang jualan hoodie dan T-shirt bertuliskan nama uni ini (akh, jadi ingat temannya seorang teman yang hobi nitip beliin hoodie dari aneka uni di seluruh dunia buat koleksi) dan toko yang bersedia membeli buku bekas mahasiswa, pakai gimik lucky draw segala (menarik aja karena dulu di kampus saya di indo nggak ada toko seperti ini - maklum banyak mahasiswa yang nggak punya buku, cuma bawa diri dan hp aja ke kelas, haha...).



Weks, sepertinya saya agak nyasar. Muter-muter ke sana kemari, kok masih nggak nemu gedung-gedung yang saya cari. Untuk gedung tua, saya hanya sempat melihat gedung cantik dengan warna salem dan gaya Victoria yang cukup kental ini (terlihat dari penggunaan pediment, cornice, portico, dsb dalam rancangannya) bernama "The Institute Building" ini. Psst... ternyata gedung ini awalnya dirancang sebagai "The Institute for the Deaf Dumb and Blind" di tahun 1870 sebelum dibeli oleh Usyd di tahun 1962.



Oooh... ternyata deretan gedung kampus yang mau saya cari ada di sayap kompleks Usyd yang satunya lagi (artinya: harus keluar dari sisi sekarang dan nyeberang jalan dulu). Cabut!



Wuah... ada, ada! Megah dan kelihatan penuh history ya, bangunannya. Ada beberapa gedung yang juga sedang dalam renovasi. Meski sudah sering melihat bangunan bergaya seperti ini di area CBD Sydney dalam perjalanan saya ke kantor tempat magang sehari-harinya, tetap aja suka mandanginnya :).



Kalau tadi lebih kayak appetizer, ini dia main course-nya: "THE QUADRANGLE". Cantiknyaaa.. Takjub juga lihat bangunan ini yang berdiri dengan kokohnya di depan mata. Maka saya pun lanjut buang-buang waktu untuk eksperimen nyari sudut selfie yang bagus. Nyempetin diri ngemil coklat pula. Heh. Oh ya, waktu saya datang sedang ada karyawisata dari anak-anak SD setempat, jadi lumayan rame gitu..



Masuk melewati gerbang yang tadi, di dalamnya menghampar rumput hijau yang dibabat rapi sekaliii serta masih dengan arsitektur gedung maupun lorong yang mengundang decak kagum dengan gayanya yang ke-Inggris-Inggrisan. Salah satu ruangan di kompleks The Quadrangle ini sangat keren loh, yaitu bernama "The Great Hall of the University of Sydney".



Di dalam sini ternyata sebuah museum, namnya "The Nicholson Museum". Meski nggak terlalu besar, tapi koleksinya menarik loh: mulai dari patung-patung dewa Eropa, maket yang dibuat dari lego, hingga mumi. Yep, ada mumi di dalam.



Nggak cuma gedung tua, tapi ada juga sejumlah gedung di USyd yang mengusung desain yang modern dan keren. Salah satu yang terkenal, yaitu gedung untuk fakultas Hukum ini (The New Law School Building) yang dibangun dengan konsep bertemakan ramah lingkungan yang menarik loh.


EmoticonEmoticon