17/04/2016

Jelajah Sydney #20 - Masih Lanjut! Keliling Glebe Hingga (Akhirnya) Touchdown di Camperdown


Menyambung cerita diriku muter-muter di Glebe (setelah sebelumnya ngetem di taman bersejarah dan perpus lokal), saya pun lanjut jalan demi tujuan utama sampai di Usyd. Oh ya, di sepanjang jalan, saya sempat melihat deretan ruko yang menawarkan jasa berbeda, misalnya ada toko buku bekas Gleebooks dan toko spesialis bahan makanan yang sudah/mudah diolah (bahasa inggrisnya = delicatessen) Galluzzo. #latepost #throwbackJun2015


Nggak sedikit loh pilihan tempat makan di sini, apalagi dengan ragam spesialisasi menu berbagai negara yang dikavernya. Distrik Glebe ini keliatannya kece nih, buat yang hobi wisata kulineran. Coba deh untuk gugel recommended resto-nya kalau Anda ada rencana mampir ke sini saat bertandang ke Sydney.


Yang menarik guys, di Glebe ada supermarket khusus vegetarian, dimana selain makanan, toko ini juga menjual aneka barang (seperti jaket, tas, sepatu, produk kecantikan, dsb) yang juga berkonsep "vegan", alias dibuat tanpa perlu mengorbankan kehidupan hewan. Mendengar nama toko ini yang sesuatu gimana gitu - "The Cruelty Free Shop" - saya yang hari-harinya adalah omnivora, kok mendadak berasa 'kejam'...


Lanjut bro... sempat juga saya melewati sekolah negeri yang ada di sini (Glebe Public School). Dari papan yang berdiri di halaman itu, ada pengumuman sekolah sedang libur sampai siswa masuk kembali di tanggal 14 Juli 2015.


Keliatannya penduduk Glebe suka baca banget yah, soalnya selain Glebe Library dan Gleebooks, masih ada lagi kafe dan wine bar yang terintegrasi dengan toko buku bekas. Namanya Sappho Books & Cafe. Bagian luarnya agak-agak bernuansa Harry Potter gitu. Sedangkan bagian dalamnya seperti pekarangan dengan suasana hipster yang kental (baca: banyak grafiti), namun cozy dan rileks untuk baca buku. Enak'e baca buku ditemani segelas kopi yang nikmat...


Di perempatan jalan ada bangunan kecil berbentuk bulat dengan nama University Hall. Nggak yakin sih ini tempat apa, mungkin sejenis apartemen atau tempat kost buat mahasiswa gitu?


Di seberang University Hall ada taman yang cukup luas dengan suasana yang asri, yakni Victoria Park. Ada kolam, jembatan, dan ilalang di antara hijaunya taman ini. Asik nih, tamannya cukup luas untuk ngajak anjing peliharaan jalan-jalan atau sekedar latihan naik sepeda atau gaya-gayaan pakai skateboard.


Nampak pula pohon coconut dan kumpulan bird, yang sibuk cari sesuap nasi di tengah rerumputan yang dipotong cepak (#apasih). Lalu ada arena bermain yang bentuk mainannya aneh-aneh gitu - mirip alat peraga fisika. Tak ketinggalan ring basket buat yang mau ngeburket, eh, ngebasket.


Terus ada kolam renang juga loh. Mungkin harus jadi anggota dulu, soalnya saya hanya lihat sedikit orang yang lagi renang di sini. Di area taman ini juga ada kafe yang dindingnya tersusun dari sandstone dengan bentuk bangunan yang ke-Eropa2-an gitu, namanya Gardener's Lodge Cafe. Fyi, Victoria Park ini adanya di wilayah Camperdown, itu artinya usai sudah jalan-jalan saya di Glebe. Sudah dekat deh, ke USyd dari sini :) Akhh... pegalnya jalan kaki sepagian ini.


EmoticonEmoticon