02/04/2016

Jelajah Sydney #17 - Waktunya Nge-Pantai! Asiknya Main ke Botany Bay dan Congwong Beach di La Perouse. Lalala...!!

Yeiyeiyeiyeiyei... wiken tiba!! Saya bangun pagi sangat hari itu, biar bisa main ke pantai. Tujuannya: biar pas ke sana pantainya masih sepi dannn... bisa ambil banyak foto donggg!! Mumpung latarnya belum di-lalu-lalangi turis kan. Siang dikit aja, bisa kayak meme-meme "Expectation vs Reality" tourism spot yang sedang banyak beredar itu lagi.

Nah... salah satu distrik di Sydney yang punya pantai dan diaksesnya gampang kali adalah La Perouse. Asikk, bisa nyantai di pantai! Sekalian nge-date sama kakak saya. Jarang-jarang loh saya bisa pergi berdua kakak...


#throwbackJun2015


Dari Anzac Parade tempat saya tinggal, ada banyak bus yang menuju ke La Perouse. Saya naik bus L94 sekitar 20 menit sampai mentok, dimana La Perouse adalah pemberhentian terakhir. Nggak jauh dari halte bus terdapat lokasi dimana pantai (dan teluk) yang saya tuju berada, yaitu Little Congwong Beach dan Botany Bay.


Begitu kaki napak ke tanah, langsung deh saya dan kakak cari jalan menuju ke pantainya. Sempat trial error dikit pas cari arah yang benar sebelum akhirnya kami mudeng kalau jalan setapak yang cukup pendek inilah yang menjadi "pintu masuk" ke Little Congwong Beach.


Kyaaa, sudah mulai terlihat dari sini... langit dengan gradasi warna biru yang cantik, rimbunnya pepohonan ijo yang membukit, serta tentunya sang pantai dengan pepasiran coklat muda dan lelautan yang berbuih-buih tipis. Senangnyaaa....


Bergegaslah saya turun untuk menikmati pemandangan ini. Memang nggak salah datang pagi-pagi karena tempatnya masih sepi banget! Belum ada siapapun waktu datang, posisi wuenak abisss... Bisa sambil merenung cantik deh... Kelompok turis lain baru mulai berdatangan nantinya jelang kami akan pindah ke sisi pantai yang lain.


Saatnya sesi foto-foto dimulai. Kakak saya yang hobi fotografi pun nggak melewatkan kesempatan ini untuk mengambil banyak foto. Sedangkan adiknya dengan berbekal kamera hape seadanya juga nggak mau ketinggalan mengabadikan pemandangan ini. Dengan bantuan tongsis dan tomsis di hape, kami juga bikin video berputar 360 derajat. Retake-nya banyak pula, sampai kunang-kunang kepala ini. Ahahaha!! Tapi fun banget.


Bersyukur banget hari itu nggak hujan, sempat sedikit gerimis tapi sebentar reda. Matahari bersinar cerah, tapi masih ketutup sama udara dingin yang mengiringi datangnya musim dingin.


Ada banyak rumput laut segar dan jejak kaki anjing di pantai mungil ini.


Puas foto di Little Congwong Beach, kami jalan sedikit ke sisi yang lain di sebelah atas. Wuaaah.. ada bagian yang dipenuhi rumput dengan warna hijau muda yang segar sekali dilihat mata, walau sebagian rumput sudah mulai kering akibat efek musim dingin.


Ini dia yang disebut Botany Bay. Bagus yaa... Jembatannya terletak agak di bawah sana, sedangkan ini pemandangan dari atas. Dari atas batu ini saya dan kakak sibuk ganti-gantian foto dengan gaya loncat. Jadinya keren deh.


Saatnya turun ke bawah.. gambar kiri adalah tampilan jembatan dari atas, sedangkan gambar kanan adalah tampilan jembatan dari bawah (alias kolong jembatan). Di atas jembatan ada orang yang taruh sepeda, mungkin sekalian olahraga di sini.


Ini dia tampilan jembatan dari samping. How nice to look at!! Banyak sudut-sudut keren deeh pokoknya buat ambil foto di tempat ini. Letaknya ada di tepi laut pula...


Di samping kolong jembatan, ada batu-batu karang yang cukup besar dengan pola garis-garis yang menarik. Selain itu juga ada bebatuan yang bolong-bolong, mirip ilustrasi permukaan bulan yang sering digambar orang. Iiihh... Polanya agak bikin geli tapi, kayak lihat kayu yang dimakan rayap.


Saatnya kembali ke atas untuk menuju halte bus dan pulang ke rumah. Ooh! Tiba-tiba lihat menara "Macquarie Watchtower" aka "Barrack Tower" yang tersohor itu, yang belakangan sering saya lihat dipakai untuk foto pre-wedding. Ala-ala benteng kastil gitu, tapi kiyut banget karena ukurannya kecil dan cebol. Kalau di zoom out nih, sob, bangunan ini sebenarnya berdiri menclok sendirian di atas hamparan rumput yang luas gitu.


Nggak hanya pantai dan teluk, di La Perouse juga ada deretan gedung tempat orang tinggal dan sepertinya ada sejumlah tempat wisata lain yang masih bisa dikunjungi. Kami nggak sempat putari karena siangnya saya ada kegiatan lain. Tapi overall, ini adalah Sabtu pagi yang menyenangkan di tepi pantai yang tenang, mungil, dan bersih.


EmoticonEmoticon