16/01/2016

Jelajah Sydney #8 - Tak Ada Mie Instan Aussie, Ngemil Mie Instan Thailand Pun Jadilah

#latepost #throwbackApr2015

Membaca sebuah artikel berjudul "Dubes Australia: Saya Lihat Mi Instan di Indonesia di Mana Pun Saya Pergi" yang sempat jadi berita populer di Kompas, well... I have to say that it's kind of true sih. Mie instan Indo, khususnya Indomie (♪(˘ε˘ ) seleerakuuu...), emang eksis dimana-mana! Di setiap supermarket Sydney yang sudah saya masuki, selalu ada bungkus (dan kardus) Indomie di sana. Meski variannya gak selengkap di Indo, tapi yang dijual di sini yang rasanya emang top notch (mie goreng, kari ayam, kaldu ayam, rendang, sate, ayam BBQ, dll). Bahkan saat acara orientasi kampus saya pun, dari ratusan stand yang ada, banyak loh yang jadiin Indomie sebagai salah satu free gifts untuk student yang menang main games.

Alhasil pas saya mampir ke supermarket kemaren, terngiang-ngianglah artikel Kompas itu di telinga. Saya pun jadi mikir, Aussie punya mie instan apa ya, (`▽´)-σ pengen nyoba. Mumpung lagi di sini kaan. Setelah muter-muter di rak yang jual mie instan, saya nggak nemu mie instan buatan Aussie, kecuali yang merek supermarket gitu (home brand). Hmm... entah emang nggak ada perusahan Aussie yang produksi mie instan atau supermarketnya yang nggak jual. Mission failed nih... Ϟ(`﹏´)Ϟ nggak kesampean nyoba mie instan Aussie.


Ooh, spotted something. Pas liat mie Wokka yang satu ini, jadi penasaran karena mie ini instannya itu in the sense of mie basah yang tinggal dipanasin, bukan kayak mie instan kering kebanyakan yang harus direbus dulu. Konsepnya mirip kaya nasi instan Korea yang pernah saya coba. Tapi ternyata ini mie dibuat di Thailand dan diimpor ke Aussie, bukan mie Aussie. Bentuk package-nya juga agak mencolok sih untuk kategori mie siap saji, trapesium tiga dimensi gitu dan bahannya dari kertas, mirip kayak menu Rice Box-nya KFC.



Ada tiga varian rasa, dan saya putusin beli satu yang kedengeran paling antik: "Roasted Peanut & Honey Soy Sauce". Beratnya 350 gram.



Penampakan dalem karton mie.



Di dalamnya ada bungkus saus, garpu plastik, dan tentunya sang mie itu sendiri yang di-vacuum-wrapped gitu.



Jadi step 1-nya ngeluarin terus misahin mienya. Mie-nya itu tipikal mie hokkien, model mie telor basah yang tebel silinder gitu. Mie-nya lengket dan nempel satu sama lain, jadi di petunjuknya disuru pisahin satu-satu dengan lembut biar gak putus gitu, yaaa saya barbar sih misahinnya, tapi hasilnya rapi kan wkwk. Kadaluwarsanya masih 7 bulan lagi (pengawet alert! Tapi ya sekali-kali gapapa deeh... ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ #alesanklasik #lalalalalala).



Abis itu tuang sauce dan mix sama mie-nya. Saus-nya warna coklat kayak saus teriyaki gitu tampilannya. Isinya banyak. Jadi waktu diaduk, kecampur sama mie-nya dengan merata. Karena garpu plastiknya sekilas keliatan lemes dan berisiko bikin pegel ngaduk pake itu, saya pake sumpit.



Abis itu dihangatin pake microwave 2 menit deeeh... daripada 2 menit bengong, poto-poto dikid aaah.. Pas udah kelar dan microwave-nya dibuka, ada bunyi sizzling-nya looh, kenceng kayak bunyi dish yang pake hotplate.



Taraaaa.. Jadi deh! Looking good, uh? Gak sabar pengen makan!
Hmmm... taste-nya interesting. Yang pasti mienya lembut banget, kayak makan mie homemade loh. Peanut-nya kerasa sih, tapi samar tipis gitu deeh kalau dibandingin sama bumbu sate yang rasa peanut-nya ketara banget. Terus juga manis-manis dan ada rasa asemnya juga (pas saya cek ingeredients-nya, ternyata emang ada bahan yang namanya Acidity Regulator dengan kode-kode tertentu).

Sayangnya terlalu oily (meski minyaknya itu yang bikin rasanya lebih kaya), dan karena diangetin pake box, jadi ada taste kertasnya. Pas saya keluarin dari microwave emang kertasnya panaaas banget kan, makanya nggak heran itu ada rasa kertasnya, eik.. (ಠ_ರೃ) Tahu gitu, ai tadi hangatin pakai dining ware langsung, jadi rasanya pure apa adanya. Porsinya sih ngenyangin, cuma harganya juga lumayan (AUD 3.95). Di situ kadang saya merasa sedih (_)... Mending beli sushi deeh (sore-sore diskon di Sydney).

Overall sebetulnya not bad, lumayan enak. Masih kalah sama Indomie tapi... (kalau beli indomie dapet banyak pula). Hehe...


EmoticonEmoticon