26/01/2016

Jelajah Sydney #13 - Keren Banget Pemandangannya!! Hiking Seru Lewat Semak Belukar, Pesisir Pantai, dan Tepi Tebing (Welcome to Wattamolla!)

Asiikkk... diajak kakak dan kawan-kawannya untuk jalan-jalan melewati semak belukar, atau bahasa kerennya pergi "bushwalking". Sekalian hiking niiih, karena (akhirnya) otot betis yang tebel ini bisa diberdayakan untuk jalan kaki jarak jauh, naik dan turun melewati medan yang nggak rata, bonus keringet dan pemandangan alam yang keceh alias keyen cekalih. Yeiyy, bakal seru nih!! #throwbackMar2015



Karena letaknya sangat jauh dari pusat kota Sydney dan sepertinya tidak ada kereta atau bus yang langsung mengarah ke sana, akhirnya saya pun janjian ketemu di Hurstville untuk nebeng mobilnya salah seorang teman Kakak. Oh yaa, ada supermarket Coles yang lokasinya masih segedung sama stasiun kereta. Convenient banget, jadi bisa beli botol air sebelum latihan fisik nanti.



Setelah semua kumpul, saatnya ke mobil. Sambil ke parkiran, sambil nengok kiri kanan untuk mengamati suasana di sekitar stasiun Hurstville. Nampak beberapa gedung tinggi yang mungkin adalah apartment tidak jauh dari sini. Selain itu, yang juga menyolok adalah sebuah kantor pengacara yang menjulang tinggi tinggi sekali. Banyak pula toko ritel yang bisa dimasuki kalau ingin belanja - kebanyakan sih sudah punya nama dan banyak cabang gitu.



Destinasi hari itu: Wattamolla yang ada di Royal National Park - masih agak jauh dari Hurstville (dengan tol, sekitar 30-an km jaraknya dari stasiun kereta hingga ke Wattamolla). Begitu sampai langsung cari parkiran. Wuaah.. dari tempat parkir di park-nya saja, suasana alamnya sudah berasa kali, banyak pepohonan hijau di depan mata.



Di sini ada papan besar yang memuat peta, petunjuk dan aturan tempat wisata. Ternyata track yang bisa ditempuh sangat panjang, dan bisa pilih gitu dari sana mau jalan ikut track arah yang mana. Aturan yang ada antara lain (1) Visitor Centre dan Audley Dance Hall Cafe buka setiap hari dari jam 08:30 hingga 16:30; (2) Ada biaya parkir setiap kali parkir kendaraan di park (ingat ada denda dan surat peringatan). Tiket parkir untuk sehari tersedia di Visitor Centre di Audley; (3) Gerbang park di Wattamolla, Bonie Vale dan Garie dikunci pada jam 20:30; (4) Rencanakan rute jalan Anda. Providential Point atau Wattamolla Creek Dam tidak terlalu jauh; (4) BBQ dapat di-share untuk semua pengunjung park, bersihkan setelah pakai; (5) Toilet yang mengakomodasi kursi roda terletak di Garie Beach.



Menariknya, ada juga aturan mengenai jumlah dan ukuran hewan-hewan tidak bertulang belakang dan ikan yang boleh ditangkap untuk setiap spesies yang spesifik. Misalnya hanya boleh membawa 5 buah ikan Pearl Perch dengan ukuran 10 cm; atau untuk udang hanya boleh bawa 10 liter, sedangkan untuk tiram hanya boleh bawa 50 unit. Lalu juga ada daftar ikan yang dilindungi misalnya Green Sawfish, Elegant Wrasse, dan Ballina Angelfish.



Nah, nah, nah. Nengok ke bawah dan disuguhkan pemandangan seperti ini. Serius ini keren banget. Super sekaliii... Bersih pula pantainya dan nggak terlalu banyak orang di pagi itu. Alangkah sayangnya kalau nggak mampir ke Wattamolla saat pergi ke Sydney.



Ada tanda dilarang cliff jumping dari sini. Kelihatan airnya lagi rendah juga, jadi bahaya kalau lompat ke bawah.



Kami pun memutuskan untuk jalan ke kiri, atau tepatnya ke arah Marley Beach. Medan jalanan cukup bervariasi. Di awal penjelajahan ini, misalnya, medan berupa anak-anak tangga serta jalan setapak yang jeglak-jeglok dan tergenang air. Pemilihan sepatu sangat penting niih. Kalau bisa pilih sepatu yang solnya nggak licin, tapi juga sudah nggak mau dipakai karena akan basah-basahan dan kotor gitu kena air dan lumpur.



Wuoh. Cakepnya. Ini (kayaknya) yang bernama Wattamola Creek Dam yang tadi ada di papan aturan di atas. Airnya segar loh, begitu celup dingin-dingin gimana gitu. Apalagi udara hari itu terik banget, melihat tempat ini rasanya pengen nyebur aja. Eeeh, tapi saya sempat lihat grup pengunjung lain beneran rendaman di sini. Nggak ada salahnya bawa baju ganti. So pasti jangan lupa juga untuk bawa kacamata item biar bisa ambil banyak foto yang keren.



Ini dari sudut yang lain. Ada air yang lagi terjun dari ketinggian kependekan. Hehe. Damainya lihat kombinasi air dan batu-batu besar di alam terbuka gini.



Di sepanjang jalan ada tiang petunjuk seperti ini yang memang akurat di dalam menunjukkan arah yang harus dituju. Kami sempat nggak ikutin ini dan malah nyasar gitu, jadi balik lagi ke tempat semula yang ada tiang ini.



Wuaaah. Di sini langitnya kelihatan banget menghampar dari kiri kanan depan belakang. Sejak maraknya pembangunan gedung tinggi di Jakarta, sudah nggak bisa melihat langit terpampang luas seperti ini. Aaah menyenangkan sekali meski hanya lihat langit seperti ini saja.



Yaaayyyy.. sampai juga di checkpoint berikutnya: Providential Point!! What a view to enjoy! Karena matahari sudah bersinar di atas kepala, berarti saatnya makan siang. Asiknya tadi pagi kami sudah beli vietnamese roll yang sedari tadi ditenteng sambil hiking. Horeee!! Jadi bisa lunch di tepi tebing sekeren ini. Selife dulu aaah, kapan lagi saya bisa makan roti di atas tebing di pinggir laut?



Setelah puas rehat di Providential Point, kami jalan kaki lagi dan menemukan area luas yang dipenuhi batu-batu putih dengan motif bergelombang, mirip batu kapur begitu. Bahkan ada yang warnanya juga kemerahan. Berdiri di sini juga terlihat bagus di kamera.



Masiiih jalan terus dan ada kami menemukan semakin banyak semak-semak di perjalanan. Ada semak yang menutupi sebagian jalan sehingga harus menunduk dan hati-hati agar tidak tertusuk mata. Ada ranting pohon yang sudah sangat kering, dan ada juga yang masih menghijau. Maklum sekarang sudah mulai masuk ke musim gugur sehingga banyak pohon yang kering.



Ada jalanan yang medannya sulit, tapi untungnya sudah dibuatkan jalan setapak dari besi ini yang bisa dilalui dengan mudah. Wuaah di depan sana itulah Marley Beach yang ada di penghujung track. Ciamik! Karena jalan ke situ masih cukup jauh dan beberapa di antara kami harus buru-buru pulang, akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di sini. Ambil selfie dulu!

Saatnya jalan kembali ke parkiran. Sebagian teman memilih untuk stay dan main sebentar di pantai keren yang tadi kami temui di awal dekat parkiran. Seneng banget pokoknya bisa ke sini, enjoy polll deh! Sambil olahraga sambil disuguhkan pemandangan yang cantik dan variatif pula. Kalau Anda ada rencana wisata ke Sydney, jangan lupa mampir yaaa.


EmoticonEmoticon