31/01/2016

Jelajah Jabodetabek #18 - Weekend Kemana, Yaah? Mampir ke "SKI Tajur Wisata Bogor": Satu Lagi Tempat Wisata Keluarga di Bogor

Akhir pekan enaknya jalan-jalan kemana yaaa? Buat Anda yang tinggal di Bogor atau sering hilir mudik ke Kota Sejuta Angkot ini pasti udah familiar banget sama SKI Tajur Wisata (duengg, seriously ada buaaanyak kali angkot di sana, ‎ƪ(‾ε‾“)ʃ puyeng kali 'palaku liat jalanan Bogor full sama angkot). Fyi, SKI itu singkatan dari Sumber Karya Indah.

Tapi buat Anda yang rasa asing dengar namanya (seperti saya yang baru pertama kali ke sana di akhir Januari 2016 lalu), bagus deh, haha... berarti cerita saya ini nggak sia-sia tempat ini bisa jadi alternatif pilihan wisata baru yang nice to meet you untuk Anda obok-obok bareng keluarga. Naah, kala itu saya ke sininya naik mobil. Dari Tugu Kujang nggak terlalu jauh, sekitar 3,6 km atau 10 menit saja dengan mengendarai mobil.

Cekidot bentar 'nyo guys, ade ape aje di sindang! Cukup banyak ternyata yang bisa dikerjakan jika Anda hendak spend satu-dua jam di sini. Jadiii... salam happy weekend Masbro and Mbasis!


Karena hari sudah siang, saatnya cari makan! Sesuai petunjuk rekan kantor yang sudah pernah mampir di mari, langsung deeh saya masuk ke salah satu gedung yang ada di SKI. Let's grab some lunch... fast! #laparlapar #manamakananmana



Di lantai 1 banyak penjual makanan yang menjajakan penganan dengan embel-embel "Bogor". Mulai dari Bakso Bogor, Toge Goreng Khas Bogor, Laksa Bogor, dsb.



Setelah memesan makanan dan membayar bon-nya di kasir, saya pun segera mengambil posisi duduk di area makan yang tersedia.



Yayyy... pesanan Laksa Bogor saya datang juga. Eh ada oncomnya, beda yah sama laksa lain yang biasanya nggak pakai oncom. Harganya affordable, yaitu Rp. 11.000 seporsi. Rasanya not bad loh, meski beberapa teman lain yang pesan menu serupa punya pendapat beragam: ada yang suka dan ada yang nggak suka. Kalau saya? Lahap habis sampai bersih, hehe... ┌( ¯ ▽¯)┘



Oh yaa... ada rekan kantor yang pesan Bakso Bogor sampai habis dua mangkok sendirian loh. Beberapa juga pesan Nasi Liwet Keprabon Solo ini dan mereka bilang rasanya top markotop.



Selesai makan laksa, lanjut dengan seporsi Tahu Gejrot seharga Rp 6.000 ini untuk memenuhi rongga-rongga perut yang masih kosong dan minta disuapin. Rasanya makin nikmat karena tahu-nya dibeliin teman. Maaciii kawan...



Lalu lunch itu saya tutup dengan Cingcau Ijo dingin ini... Rasanya segar dan nikmat banget karena pakai susu dan es. Harganya goceng aja loooh, murah meriah poko'e. Tidak seperti cincau hijau yang pernah saya beli pada sebuah bazaar di Jakarta yang ternyata hanya diolah pakai air gula sehingga rasanya jadi nggak joss gimana gitu, ditambah lagi harganya 2x lipat dari yang dijual di SKI ini.



Selesai makan, saatnya keliling singkat untuk melihat ada apa saja di SKI Tajur Wisata. Ada Pusat Oleh-Oleh yang menjual aneka snack tradisional ringan.



Ada pula Roti Unyil Venus yang tersohor itu. Sebutirnya Rp 1.500. Varian rotinya cukup banyak dan terlihat menarik. Antrian pembelinya banyak loh. Termasuk saya juga ikut beli untuk comot-comot di rumah bersama keluarga. Wuaah... laris manis, beneran yah dari rak rotinya masih penuh sampai nyaris habis sehingga penjualnya sampai pajang stok baru. Oh ya, di Jakarta juga ada yang jual loh Roti Unyil merk Venus ini, misalnya di Pasar Baru (depan Foodmart sebelah Matahari).



Sesuai namanya yakni SKI Tas Tajur, ada gedung yang menjual aneka tas.



Tak hanya tas, ada juga Rumah Sepatu Tajur.



Di bagian depan toko sepatu, ada penjaja kaos oleh-oleh dengan aneka desain yang mengandung setidaknya sebuah kata "Bogor".



Terdapat juga satu-dua penjual batu akik di sini. Nampak beberapa pengunjung mendekat untuk lihat-lihat. Pasti waktu dulu batu akik lagi booming tempat ini ramai sekali dengan orang yang mau beli.



Lanjut... sekarang nyeb'rang dikit ke sisi satunya dimana warung Cafe Asia ini berada.



Di sini ada playground dengan aneka perosotan untuk anak-anak main...



Juga ada perahu mini yang di atas kolam mini yang digerakkan pakai tangan (disebutnya perahu paddler). Harga tiketnya Rp 10.000 dimana perahu dapat dinaiki max 2 orang dengan total berat badan 70 kg. Jadi anak kecil naik di depan dan orang tua akan "mengayuh" perahunya.



Ada tempat untuk outbound anak juga di sini dengan beragam perkakasnya seperti flying fox. Juga ada beberapa wahana mainan anak yang sederhana tapi terlihat fun untuk anak kecil. Saya nggak jalan sampai ke belakang lagi, tapi sepertinya di belakang sana masih banyak permainan seperti go kart, istana balon, dsb.



Salah satu wahana outbound lainnya.



Ada kolam yang sangat besar. Menurut petunjuk, katanya di sini ada ikan raksasa dari Amazon bernama ikan Arapaima Gigas. Belum sempat lihat sih karena saya sudah harus balik dan nggak sempat mendekat ke pinggir kolam, tapi kata teman saya yang pernah ke sini ikan jumbo itu memang ada.



Juga ada balon air raksasa yang bisa dimasuki orang untuk main di atas kolam.



Ini salah satu sisi kolam yang lain dengan air terjun mininya. Sayang banget air yang ada di kolam-kolam SKI saat saya datang sedang keruh sekali. Mungkin belum dikuras. Kalau bersih pasti akan terlihat lebih menarik dan fun supaya pengunjung juga nggak segan main di wahana air.



Nggak ketinggalan juga beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat ngobrol.



Puas mampir ke SKI, Anda bisa sekalian mengunjungi Lapis Bogor Sangkuriang yang ternama itu karena jaraknya yang dekat, nggak sampai 2 km dari SKI. Wuah antriannya alamaak. Ramai banget 'mak yang mau beli sampai antriannya keluar dari ruko. Pantas aja banyak banget merk yang jual kue lapis talas/ubi di Bogor.

ALOHA...!! KEMANA LAGI YA DI JABODETABEK? SIMAK ULASAN BERBAGAI PILIHAN TEMPAT WISATA DI JABODETABEK DI DAFTAR ISI JELAJAH JABODETABEK!


EmoticonEmoticon