23/12/2015

Jelajah Sydney #4 - Mampir 10 Menit ke Customs House (Salah Satu Heritage Building di Sydney)

Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Circular Quay, cobalah untuk mampir kilat ke Customs House ("customs" berarti bea cukai), mengingat gedung ini adalah salah satu landmark yang bersejarah di Sydney. 10 menit cukuplah, kalau hanya ingin foto dan lihat-lihat bagian dalamnya yang bergaya minimalis ke-masakini-an tapi nggak kalah keren dari bagian luarnya yang gagah bergaya Eropa.



Tampak luar gedung. Karena letaknya yang masih dalam lingkup area bisnis CBD, nampak banyak orang memakai pakaian kerja formal lalu lalang di sekitarnya atau duduk santai untuk makan minum. Ada tiga tempat makan di gedung ini: Quay Bar (Lantai Dasar - bisa outdoor dan indoor loh), Young Alfred (Lantai Dasar) dan Cafe Sydney (Lantai 5, pemandangannya bagus banget - langsung ngelihat ke Harbour Bridge gitu, coba gugel deh).



Bagian dalam gedung. Wuah... nggak expect kalau ternyata ada miniatur kota Sydney di bawah kaca tempat pengunjung berdiri. Selain itu, di lantai dasar ini juga ada semacam lounge gitu. Jadi ada sofa untuk duduk-duduk dan tentunya wi-fi gratis, sehingga Anda bisa santai sejenak di sini sehabis berjalan jauh.



Terdapat pula sejumlah tulisan di dinding dan di lantai yang menambah nilai estika atau menyampaikan info-info historis terkait dengan gedung Customs House ini. Dari papan directory yang ada, ternyata ada perpustakaan (Lantai Dasar, 1, dan 2) dan area pameran (Lantai 2 dan 3) di sini, sehingga Anda bisa lihat-lihat juga kalau pas lagi ada pameran (bisa gratis loh, kalau gak diindikasikan bayar).


EmoticonEmoticon