23/12/2015

Jelajah Sydney #2 - Orientasi Mahasiswa di Kampus UNSW (The "O-Week")

#latepost #throwbackFeb2015

Jika Anda punya banyak waktu luang saat jalan-jalan ke Aussie dan berada di sana saat tahun ajaran baru akan dimulai, mungkin tak ada salahnya mengunjungi salah satu universitas yang ada di sana untuk sekedar melihat-lihat masa orientasi siswa yang sedang berlangsung karena biasanya akan ada banyak games unik yang berhadiah dan booth klub-klub mahasiswa yang digelar untuk hunting member baru. Siapa tahu bisa nambah inspirasi ide aktivitas kalau suatu hari bikin event di Indo.

Contohnya UNSW di Sydney yang mengadakan "O-Week" (kependekan dari "Orientation Week") di tanggal 23-27 Februari 2015. Wuahhh... menyegarkan juga melihat wajah-wajah anak muda yang penuh semangat di penghujung musim panas itu. Cek yuu, hasil muter-muter kilat saya di kampus UNSW di Kensington:



Suasana orientasi salah satu sisi kampus yang disebut "Quadrangle Lawn".



Salah satu permainan yang banyak mengundang penonton. Pemain akan melempar bola sepenuh tenaga ke titik fokus merah yang di tengah. Jika titik fokus tersebut berhasil terdorong ke dalam, maka bagian dasar dari bak silinder biru di sampingnya akan terbuka dan orang yang duduk di atasnya akan otomatis "nyebur" ke dalam air. Not sure why but it was so much fun to watch.



Masukkan bola ping-pong ke dalam mulut badut. Kepala badut bisa berputar. Pemain diberi target angka dan kesempatan 3x. Kesempatan pertama, kedua, dan ketiga jika dijumlahkan harus menghasilkan target angka yang sudah diberi.



Pemain melemparkan bola untuk menjatuhkan whatever thing yang ada di rak itu (mirip kepala badut, tapi warnanya kayak baju snow white, lol). Berat loh benda itu, jadi jatuhkannya perlu pakai tenaga. Di belakang benda ada tulisan angka yang berbeda-beda. Jika bisa mendapat angka tertentu (misalnya 100), maka hadiah akan diberikan.



Mirip-mirip sama yang sebelumnya. Ini sih, cuma ngangkat bebek secara random gitu. Di bawah bebek ada angka. Kalau dapat winning numbers bisa ditukar dengan hadiah.



Heh. Tahu mainan ini kan? (ai lupa namanya, haha) Cuma biasanya kita main versi mininya gitu. Ternyata ada yang raksasanya. Cute!



Kalau yang ini main tembak dart. Dari pistol itu bisa keluar semacam dart gitu dan pemain akan dikasih kesempatan 5x untuk bisa tembak ke tiga logo yang sama dari begitu banyak logo yang ada di papan. Nanti diadu lagi pemenangnya sampai beberapa babak gitu.



Ini dia deretan booth klub dan organisasi mahasiswa yang lagi sibuk promo. Ada lebih dari 300 klub dan berbagai organisasi lainnya di kampus ini. What a number. Tapi seriously, sebagian klubnya memiliki nama yang unusual dan bikin dahi ini mengernyit sekilas. Contoh: "UNSW Mafia Society", "UNSW Lego Society", "UNSW Tea Society", dan banyak lainnya. Tapi well, terdengar seru untuk diikuti. Kreatif-kreatif gitu...



Tidak sedikit pula berdiri booth dari pihak eksternal, alias brand-brand tertentu yang sedang memasarkan produk mereka.



Dan tentunya barang gratis! Sempet-sempetin ngambil gulali ini...



Dan berbagai freebies lainnya. Yes, itu Indomie yang kamu lihat di gambar. Temen saya bahkan ada yang dapat flashdisk 8gb gratis. Hiks, pengen.



Selain itu ada acara-acara lainnya di dalam beberapa gedung kampus. Seperti pertunjukan tarian dan nyanyian yang ditampilkan oleh suku Aborigin menggunakan alat musik dan dandanan tradisional mereka. Contoh tarian yang ditampilkan adalah Kangaroo Dance dan Dance of Sea Eagle. Menarik bukan?


EmoticonEmoticon