21/11/2015

Events #10 - SIAL InterFood ke-14: Pameran F&B (dan Atributnya) untuk Para Pebisnis (B2B) - Pemula maupun Profesional

Ingin berbisnis makanan tapi bingung mau mulai dari mana? Nggak ada salahnya menghadiri pameran terkait makanan untuk membuka wawasan, tukar pikiran, dan cari tahu harga atau modal yang akan diperlukan. Salah satu pameran F&B besar yang bisa Anda kunjungi setiap tahunnya adalah SIAL InterFood.

Pameran ini diikuti industri makanan dan minuman dari hulu sampai hilir, dimana banyak stakeholder penting yang langsung hadir di stall mereka (seperti pemilik dan manajamen) sehingga keputusan bisnis bisa langsung diambil di tempat. Tahun ini adalah kali ke-14 pameran internasional ini diadakan. Senang sekali punya kesempatan untuk menghadirinya di JI Expo Kemayoran pada pertengahan November yang lalu.



Pameran ini diadakan pada tanggal 11-14 Nov 2015. Jika Anda punya rekanan bisnis yang membuka stall di sana dan secara khusus memberikan tiket VIP pada Anda, maka Anda bisa masuk tanpa bayar. Jika tidak, pengunjung dikenakan Rp 150.000 per orangnya. Jumlah peserta banyak sekali, ada ratusan (atau maybe seribu?). Meskipun pameran ini adalah platform untuk Business-to-Business (B2B), tetapi pengunjung individual juga nggak kalah banyak.

Sebagian visitor nampak seperti pebisnis profesional, mulai dari yang home industry hingga perusahaan besar. Namun tidak sedikit pula yang terlihat sedang ingin wisata kuliner saja. Semua usia ada: dari bayi, anak sekolahan, kaum usia muda dan dewasa, hingga orang-orang tua yang memakai kursi roda. Heh.. Penuh sekali!! Bahkan cukup banyak melihat orang bawa koper, apa buat belanja mesin kecil yaa... Melihat besarnya animo masyarakat, I bet peserta pameran ini mendapatkan banyak customer baru, atau paling tidak naik brand awareness-nya.



Ada aneka mesin di sini. Mulai dari mesin pencuci buah, mesin pembuat roti, mesin pembuat mie, mesin packaging gelas, mesin penggiling kopi, dispenser minuman, mesin pembuat yoghurt, aneka perabotan elektronik restoran, dan banyak lainnya. Selain bisa melihat langsung cara memakai dan spesifikasinya, pengunjung juga bisa mengetahui harga-harga mesin atau melakukan setidaknya pembicaran awal untuk kerja sama pembelian selanjutnya. Atau sekedar bawa pulang brosurnya untuk pikir-pikir lagi di rumah.



Salah satu daya tarik pameran ini tentunya karena ada berbagai perusahaan yang memberikan sample makanan gratis, sehingga pengunjung tertarik untuk mampir ke booth mereka dan membuat antrian yang sangat panjang. Misalnya ada perusahaan tepung yang membagikan mie atau perusahaan mesin di atas yang membagikan dorayaki hangat. Saya pun juga jadi sibuk hunting F&B di sini. #salahfokus



Contoh lain misalnya ada seorang franchisor yang memasarkan produk mereka ini lewat paket-paket franchise yang menarik. Saya lihat booth mereka cukup banyak dikunjungi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu paruh baya untuk konsultasi. I'm not sure udah ada kompetitornya belum di pasar, tapi... ini enak loh, seriously! Saya pikir dalam beberapa tahun ke depan sangat potensial untuk jadi hits di Indonesia. Bubble-bubble kecil tersebut begitu masuk mulut akan "pecah" dan mengeluarkan semacam liquid yang nikmat. Dengan konsep meledaknya ditambah taste-nya, I feel produk ini addicting dan memorable. Topping lainnya juga terasa lezat di mulut.



Selain itu di pameran ini juga ada berbagai demo, pelajaran dan kompetisi F&B, sehingga selain dapat wawasan dari booth-booth yang ada, pengunjung juga bisa dapat ilmu dari para ahlinya yang diundang untuk melakukan "show".



Ada juga beberapa pengusaha yang memamerkan kue hasil karyanya. Beberapa cukup menarik - seperti boneka barbie dan boneka berhijab yang dibalut dalam baju dari kue atau icing, tokoh pahlawan fiktif seperti Spiderman, serta wedding cake cantik yang kue-nya berwarna non-putih namun tetap cantik dan dipenuhi ornamen bunga yang sangat bersahaja.

Selain mesin, masih ada atribut-atribut terkait F&B lainnya, seperti kemasan makanan dan minuman (mulai dari yang berbahan plastik hingga kertas dengan aneka bentuk), kantong ramah lingkungan, juga supplier dan distributor bahan mentah untuk produksi F&B. Dijual pula produk F&B itu sendiri, baik import maupun domestik, langsung on-the-spot, beberapa booth menawarkan harga promosi (ada Jepang, Thailand, Korea, bahkan ada sayur dan buah dari perkebunan lokal di Indonesia dsb).


EmoticonEmoticon