08/10/2015

DIY: Prakarya #4 - Cuma Lima Menit!! Membuat Hiasan untuk Sampul Kado/Cover Buku dari Sticky Note (a.k.a. Post-It)

Hooaahmm.. pegal juga mata ini setelah melihat layar komputer seharian. Rehat sejenak aakh... Ehh, ada post-it di atas meja. Jadi inget dulu pernah lihat di sebuah akun instagram do-it-yourself gitu tentang cara bikin hiasan untuk kertas kado yang sangat sederhana tapi terlihat cantik (yakni akun ini: infinite.diys, dimana ternyata sang admin juga ngambil gambarnya dari blog punya orang, yaitu ada di sini).

Ah, kebetulan saya punya cover buku catatan yang polos. Cobain aja, buat iseng-iseng, sekalian isi waktu sambil istirahat-in mata dari layar kompie. Kelihatannya gampang banget, paling lima menit juga selesai.





Di atas selembar sticky note, gambarlah sejumlah tangkai sari bunga lengkap dengan kepala sari-nya yang terpusat di satu titik. Kemudian gambar bagian luarnya, yaitu sehelai mahkota bunga yang berbentuk cangkang kerang. Di contoh aslinya, tangkai sarinya lurus gitu. Kalau saya modif dikit, jadi agak bengkok.



Setelah itu tinggal digunting saja deh, mengikuti bentuk garis terluar atau border mahkota bunga yang dibuat pakai pulpen tadi. Habis itu tinggal diolesi lem atau ditempeli double-tape dan direkatkan ke cover buku.



Taraaa~... begini penampakannya setelah di tempel. Habis itu tinggal tambahin gambar tangkai bunga dan dasar bunga pakai pulpen di cover di bawah sticky note yang ditempel tadi.



Dalam waktu lima menit, notes saya berubah jadi kelihatan lebih colorful dan berseni. Kalau ide aslinya (di link blog yang saya kasih di atas), sticky note ini ditempel ke kertas sampul buku warna coklat untuk dipakai sebagai pembungkus kado. Bunganya juga ada 5. Dan warna sticky note-nya dipilih yang bright (kuning neon dan pink neon), jadi tampilannya bold banget, kontras dengan warna sampul bukunya, looking cool-lah.

Lumayan juga bisa jadi ide bagus yang praktis untuk membuat kertas kado sendiri dengan mudah, murah, dan cepat. Handmade pula, jadi moga-moga penerima kadonya akan lebih tersentuh dengan kado yang Anda berikan :)


EmoticonEmoticon