13/09/2015

DIY: Random #4 - Punya Tiga Masalah Ini? Hadapi Dengan Website Ini!

Apakah kamu memiliki satu dari tiga masalah berikut:

1. Kehabisan ide seru untuk mengajar di kelas bahasa Inggris pertemuan selanjutnya?

2. Ada janji bertemu orang, tapi takut jadi krik krik karena bingung mau ngomong apa?

3. Suka menulis, ingin menulis, tapi tidak terpikir sama sekali apa yang harus kamu tulis?



TENANG SAJA! Tiga masalahmu langsung lenyap dengan bantuan website ini (jangan kuatir bukan virus, aman!): http://iteslj.org/questions/


Pada website tersebut kamu akan menemukan ribuan pertanyaan yang telah disusun dengan sangat rapi dan sederhana ke dalam berbagai kategori. Tinggal klik dan kamu akan bisa:

Memakai list pertanyaan tersebut untuk bahan conversation dengan muridmu. Bisa juga dipakai untuk bahan ujian, lhoo..! Bahan bagus untuk kelas speaking! Sebagai contoh, buka dua kategori "police" dan "gambling". Masing-masing kategori memuat puluhan pertanyaan yang menarik. Print dan pasangkan muridmu berdua-dua dan biarkan mereka saling bergantian mewawancarai satu sama lain. Murid A menjawab pertanyaan "police", sedangkan murid B menjawab pertanyaan "gambling". Setelah selesai, kamu bisa membahas pertanyaan yang ada di daftar tersebut, sambil memberi arahan dan tips seputar cara menjawab pertanyaan dengan baik. 

Mengurangi risiko canggung dan kehabisan pertanyaan saat bertatap muka nanti. Sedia payung sebelum hujan! Bahan bagus untuk ngobrol dengan teman baru! Masuk ke website di atas, pilih kategori yang kira-kira sesuai dengan umur, profesi, atau hobi lawan bicaramu; atau kamu bisa pilih kategori yang general yang berlaku untuk semua orang. Misalnya pilih "Music". Pilih perrtanyaan yang menurutmu akan "memaksa" lawan bicara kita untuk banyak bicara. Ingat-ingat di kepala apa yang mau tanyakan, atau buat catatan kecil di handphone-mu supaya bisa nyontek kalau sudah mulai bingung mau ngomong apa. Supaya nggak canggung, perkaya pengetahuanmu dengan rajin baca koran atau portal berita kayak kompas.com. Pasti nanti percakapanmu akan bisa mengalir dengan sendirinya.

Terinspirasi! Setiap pertanyaan bisa jadi topik untuk bahan tulisanmu. Nggak pernah bakal kehabisan ide, deh, soalnya stoknya banyak banget!! Horee..!

Monggo, sob... silahkan dimulai!


EmoticonEmoticon