13/09/2015

DIY: Random #2 - Pengalaman Pasang AC Baru Tapi Berbunyi Bising

Hai, nebeng share ya, siapa tahu bisa jadi referensi yang berguna bagi Anda yang mengalami masalah serupa.

Karena AC di kamar saya rusak, orang tua saya memutuskan untuk menggantinya dengan membeli AC baru dari sebuah toko perlengkapan rumah tangga di kawasan Glodok. AC tiba di rumah lengkap dengan teknisi yang ready untuk melakukan instalasi. Eng-ing-eng... Pemasangan berlangsung lancar tanpa kendala dan ketika dites pun AC berkapasitas 3/4 pk tersebut bekerja dengan baik dimana suhu udara dengan sangat cepat berubah menjadi dingin. Karena kamar saya masih bau cat, saya pun hijrah ke kamar lain sehingga AC tidak saya gunakan hari itu.

Keesokan harinya ketika saya menyalakan AC terdengar suara bising yang sangat keras (dan fals pula), sekilas seperti bunyi kipas gitu tapi berisik sekali. Tapi lampu kuning sebagai isyarat AC menyala bisa bersinar sih, dan suara bising membaik sembari menit demi menit berjalan, namun bunyi tersebut tetap ada sepanjang saya menyalakan AC. Masalahnya niih, suhu udaranya tetap sama, nggak menjadi dingin. AC menyala tapi tidak bekerja (hiks, AC baru kok tulalit). Ketika menekan tombol off yang ada di remote AC pun, bunyi bising yang keras itu mendadak terdengar lagi dan AC-nya tidak kunjung mati juga.

Setahu saya penyebab bunyi berisik pada AC bisa jadi karena ada bagian yang sudah karatan/aus/kotor atau kalau nggak, oli kompresornya mau habis. Jadinya sempat curiga ini AC beneran baru atau rekondisi gitu ya. Setelah complaint ke sang empunya toko, teknisi yang sama yang kemarin memasang AC tersebut datang kembali ke rumah saya. Appreciate the service karena teknisi datang dengan cepat meski hari itu bukan weekday dan waktunya mulai masuk petang (dan tentu saja, tidak perlu bayar lagi karena kesalahan bukan di kami).

Setelah diubek-ubek, menurut Mas Teknisi ternyata masalahnya adalah ada baut yang pasangnya tidak kencang sehingga membuat kipas yang ada di AC tersangkut. Akibatnya bunyi bising muncul dan AC tidak bekerja sebagaimana semestinya. Syukurlah bukan AC-nya yang rusak, kalau nggak 'kan ribet dan buang waktu lagi kalau harus tukar dan pasang yang baru. Well, that was pretty much about it - menjadi suatu pelajaran baru buat saya dimana ketika melakukan pemasangan AC agar mengingatkan tukang untuk memastikan bahwa baut sudah terpasang kencang supaya masalah serupa tidak terulang.


Senangnya, sekarang kamar saya sudah dingin deeeh dan asik ditempatin sebelum transit ke pulau kapuk. :)


EmoticonEmoticon