12/09/2015

DIY: Random #1 - Sebab Motor Tidak Bisa Distarter

Hmmm.. (ಠ_ರೃ) mendadak (Nov 2013) motor skutik yang ada di rumah tidak bisa dinyalakan. Penyebabnya tentu bisa beragam. Salah satunya yang umum adalah karena aki yang bermasalah. Jadi begitu motor di rumah nggak bisa dinyalakan dan karena klaksonnya juga nggak bunyi, yang pertama terpikir: pasti akinya niihh (maklum aki motor saya sudah aki-aki >> jadi soak deh, hoh T.T).



Langsung deh kami membuka tempat hangout si Mr. Accu: di pijakan kaki. Kalau di motor bebek 'kan biasanya aki ada di dekat bagasi motor atau di bawah jok dudukan. Kalau di skuter matic bisa jadi aki ada di pijakan kaki, seperti yang ada di motor kami.



Sebelum mencopot aki dari motor, kami menyempatkan diri untuk memeriksa sekring motor yang letaknya bersebelahan dengan aki, siapa tahu motornya tidak bisa nyala karena sekringnya putus. Tapi setelah coba mengamati silinder transparan ini, it looked just fine, healthy as ever. Nggak ada masalah bro! So, perhaps memang biang keroknya adalah si aki! #jitak_aki




Karena pakai obeng nggak kebuka, akhirnya aki kering ini kami buka dengan kunci sok yang berbentuk huruf Y ini. Sangat mudah. Kemudian langsung deh pergi ke toko untuk beli aki yang baru, harganya Rp 170.000. Nggak lupa bawa aki yang lama. Maksudnya mau minta tukar tambah... Dapat diskon juga sih meski nggak seberapa. Setelah itu kami memasang aki yang baru, dan voila, it worked! Motornya langsung nyala, klaksonnya pun okeh, kini berdering kencang. Jadii.. kalau motor anda tidak bisa distarter, satu dari sekian banyak penyebabnya bisa jadi datang dari aki.


EmoticonEmoticon