12/09/2015

Gado-gado #4 - Apa Itu Rumah Tusuk Sate?

Pernah dengar istilah rumah tusuk sate? Mungkin sebagian dari kita tidak asing lagi mendengar istilah ini. Well, tadinya saya nggak begitu familiar dengan istilah yang kocak ini. Beberapa kali dengar, tapi nggak pernah benar-benar yakin apa artinya. Akhirnya jadi paham setelah nanya-nanya oom Google. Tapi biar 100% yakin dan nggak ngaco, saya sempat konfirmasi ilham yang saya dapat dari si mbah G ini dengan seorang agen properti. Pake gambar juga nanyanya biar tambah josss..


Semua kotak warna-warni ini adalah rumah tusuk sate. Psstt.. ada satu persamaan di antara mereka! Kira-kira apa yaa?




Jawabannya: semua rumah ini memiliki posisi sedemikian rupa sehingga bisa ditabrak secara langsung sama mobil yang lewat di jalanan. Inilah yang disebut dengan rumah tusuk sate. (Ps: ini ilustrasi aja, hanya biar yakin sama konsepnya.. tapi pada kenyataannya rumah tusuk sate gak bakal ada sebanyak ini dalam satu kompleks, dan yang paling sering ditemuin itu yang posisinya ada di warna biru). Hmm... dipikir-pikir lagi, kalau dibandingin sama sate, rumah tusuk sate ibarat daging satenya, sedangkan jalanan (dan mobil-mobil yang bisa nabrak rumah itu) ibarat tusuknya! #jlebbb


Ada sebagian orang yang tidak suka dengan rumah tusuk sate karena ada resiko tertabrak kendaraan. Alasan lain misalnya ada kesulitan dari segi parkir (nggak ada tempat parkir). Selain itu, rumah tusuk sate juga selalu dihubungkan dengan FengShui yang percaya bahwa posisi rumah sate buruk.

(Aku nggak percaya FengShui siiih... Contemplating the things that it says pretty much assures me that it's just logic! Waktu saya masih kecil di TV ada ahli FengShui yang bilang begini: "Posisi ruang makan Anda jangan menghadap pintu WC karena... secara FengShui nggak bagus". Spontan saya dan mama yang sedang dengar langsung ketawa haha-hihi.. can't be more obvious! Bauuu dong kalau ruang makan menghadap pintu WC...).

Tapi di luar itu, nggak sedikit koq yang suka sama rumah tusuk sate. Yang pasti karena harganya lebih murah, dan karena juga karena letaknya yang strategis (bisa dilihat banyak orang karenatampak dari beberapa arah).


EmoticonEmoticon