19/09/2015

Jelajah Jabodetabek #6 - Tiga Hal Menarik di "Taman Rahasia" di Kebun Raya Bogor

#recycledpost #throwbackJul2014
sumber gambar: detik.com

Jadi awalnya itu... saya membaca di suatu situs berita nasional bahwa ada sebuah 'Taman Rahasia' di Kebun Raya Bogor yang di dalamnya terdapat sekumpulan tanaman yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk lambang Garuda Indonesia jika dilihat dari langit. Wuah bikin penasaran saja, karena beberapa kali saya telah mengunjungi Kebun raksasa tersebut tapi kok tidak engeh ada spot menarik tersebut. Saya pun berpikir apabila suatu waktu ada kesempatan mengunjungi Kebun Raya Bogor, saya harus mencari taman tersebut untuk melihatnya sendiri.

Yayyy, ternyata within the same year, I got a chance to land my feet back again onto the ground of KRB. Karena tidak sengaja nyasar setelah ketinggalan dari kelompok turis Belanda yang diam-diam saya ikuti, saya justru berhasil sampai di taman ini. Tapi ternyata taman ini memang sepi: tidak banyak orang lhooo waktu saya ke sini. Nonetheless, ada tiga hal yang ingin saya highlight setelah mampir super kilat ke taman yang dikenal dengan sebutan "Taman Lebak Sudjana Kassan" ini.


1. Patung Sudjana Kassan


Ada sebuah patung manusia (hanya dari kepala sampai kerah baju) tidak jauh dari bagian bawah tangga yang ada di taman ini. Persis di depannya terdapat sebuah batu berbentuk segitiga dengan tulisan "Lebak Soedjana Kassan - Bogor 18 Mei 1988). Usut punya usut, ternyata tanggal tersebut adalah tanggal berdirinya taman ini, yaitu 18 Mei 1988 dimana ternyata taman dibuat sebagai sebuah bentuk penghargaan terhadap Sudjana Kassan, salah seorang kurator di Kebun Raya Bogor pada tahun 1949-1959 yang kemudian menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat Direktur Kebun Raya Bogor (1959-1969). Tapi wajah patungnya ketutupan apaan ya ituh...


2. Tanaman Berbentuk Burung Garuda


Berada tepat di belakang patung tersebut adalah sekumpulan tanaman yang ditata dalam satu relief besar berbentuk Burung Garuda lambang RI, sehingga taman ini disebut juga Taman Bhinneka. Hmmm.. Sayangnya tidak ada tempat yang cukup tinggi untuk melihat susunan tanaman tersebut apakah memang tampak seperti Burung Garuda atau tidak (padahal pasti sangat keren jika bisa dilihat langsung oleh mata seperti yang tampak pada artikel berita di atas). Namun demikian, masih bisa terbayang kok dari bentuk dan penataannya bahwa kumpulan tanaman itu berwujud lambang negara kita, karena betul-betul terlihat ada bentuk kepala garuda, sepasang sayap, ekor, pita yang dicengkeram kaki sang garuda, serta perisai yang terbagi menjadi lima bagian pada tubuh sang garuda.


3. Akar/Batang Raksasa


Ada beberapa untai batang (atau akar ya?) raksasa di sini. Bukan sekedar raksasa, batang yang tergantung bak ayunan ini memiliki struktur yang sangat kuat sehingga bisa diduduki lhoo... meski rasanya sakit, haha... (yang jelas nggak seenak kursi dari ban bekas). Batang raksasa ini cukup menarik perhatian dimana saya amati ada sejumlah wisatawan yang sempat mencoba duduk di atasnya dan mengambil foto dengan pose tersebut.


ALOHA...!! KEMANA LAGI YA DI JABODETABEK? SIMAK ULASAN BERBAGAI PILIHAN TEMPAT WISATA DI JABODETABEK DI DAFTAR ISI JELAJAH JABODETABEK!


EmoticonEmoticon