19/09/2015

Jelajah Bangkok #4 - Aneka Transportasi Massal di Bangkok + Rutenya

#recycledpost #throwbackDec2014



Jika di Kuala Lumpur kita mengenal monorail, maka di Bangkok kita mengenal Skytrain, atau untuk pendeknya sering disebut BTS yang relnya berada di atas atau elevated (nggak menjejak di tanah). Mantep deh, adanya BTS memang memudahkan turis untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya, apalagi kalau Anda bikin rencana jalan-jalannya sendiri tanpa ikut tur.




Eits, ternyata ada berbagai macam mode transportasi massal di Bangkok, nggak hanya BTS saja lho. Dari papan peta rute BTS yang saya temukan di stasiun, ada sejumlah informasi berguna yang saya peroleh terkait hal tersebut, yaitu seputar jalur-jalur transportasi massal yang ada di Bangkok, yakni (1) BTS Skytrain; (2) Airport Rail Link (ARL); (3) Mass Rapid Transit (MRT); (4) Bus Rapid Transit (BRT); dan (5) Chao Phraya Express Boat. Wuaah lumayan nih, jadi tahu hampir seluruh area Bangkok dalam satu peta.



Bangku BTS SkyTrain yang berwarna kuning lemon


A. Bangkok Transit System (BTS) Skytrain

Tahukah Anda bahwa terdapat dua jalur BTS, yaitu sebagai berikut:

  1. SUKHUMVIT LINE - berhenti di 22 stasiun: Mo Chit (N8//interchange dengan MRT Chatuchak Park), Saphan Khwai (N7), Sena Ruam (N6/Belum Dibangun), Ari (N5), Sanam Pao (N4), Victory Monument (N3), Phaya Thai(N2), Ratchathewi (N1), Siam (interchange dengan Silom Line), Chit Lom(E1), Phloen Chit (E2), Nana (E3), Asok (E4/interchange dengan MRTSukhumvit), Phrom Phong (E5), Thong Lo (E6), Ekkamai (E7), Phra Khanong (E8), On Nut (E9), Bang Chak (E10), Punnawithi (E11), Udom Suk (E12), Bang Na (E13), dan Bearing (E14);
  2. SILOM LINE - berhenti di 12 stasiun: National Stadium (W1), Siam (interchange dengan Sukhumvit Line), Ratchadamri (S1), Sala Daeng (S2/interchange dengan MRT Si Lom), Chong Nonsi (S3/interchange dengan BRT Sathorn), Suksa Witthaya (S4/Belum Dibangun), Surasak (S5), Saphan Taksin (S6/interchange dengan Chao Phraya Express Boat Central Pier),Krung Thon Buri (S7), Wongwian Yai (S8), Pho Nimit (S9), Talat Phlu(S10/dapat menuju ke BRT Ratchaphruek), Wutthakat (S11), dan Bang Wa (S12).

B. Airport Rail Link (ARL)

ARL merupakan kereta yang terdapat di Bandara Suvarnabhumi. Fyi, dari bandara yang satunya lagi - Don Mueang - tempat saya melandas, belum ada kereta seperti ini. Tahukah Anda bahwa terdapat tiga jalur ARL, yaitu sebagai berikut:

  1. ARL (SA Phaya Thai Express) - berhenti di 2 stasiun: Phaya Thai (interchange dengan Sukhumvit Line dan ARL Blue Line) dan Suvarnabhumi Airport;
  2. ARL Red Line (SA Express Line) - berhenti di 2 stasiun: Makkasan (interchange dengan Blue Line dan MRT Phetchaburi) dan Suvarnabhumi Airport;
  3. ARL Blue Line (SA City Line) - berhenti di 8 stasiun: Phaya Thai (interchange dengan Sukhumvit Line dan ARL SA Phaya Thai Express), Ratchaprarop, Makkasan (interchange dengan ARL Red Line dan MRT Phetchaburi), Ramkhamhaeng, Hua mak, Ban Thap Chang, Lat Krabang, dan Suvarnabumi Airport.

Suasana MRT Station (Underground)


C. Mass Rapid Transit (MRT)

Tahukah Anda hanya terdapat satu jalur MRT dengan rute sebagai berikut:
Bang Sue, Chatcuchak Park (interchange dengan BTS Sukhumvit Line Mo Chit), Phahon Yothin, Lat Phrao, Ratchadapisek, Sutthisan, Huai Khwang, Thailand Cultural Centre, Phra Ram 9, Phetchaburi (interchange dengan ARL Red Line dan ARL Blue Line), Sukhumvit (interchange dengan BTS Sukhumvit Line Asok), Queen Sirkit National Convention Centre, Khlong Toei, Lumphini, Si Lom (interchange dengan BTS Silom Line Sala Daeng), Sam Yan, dan Hua Lamphong.


D. Bus Rapid Transit (BRT)

Tahukah Anda hanya terdapat satu jalur BRT dengan rute sebagai berikut:
Sathom (interchange dengan BTS Silom Line Chong Nansi), Akhan Songkhro, Technic Krungthep, Thanon Chan, Nararam 3, Wat Dan, Wat Priwat, Wat Dokmai, Rama IX Bridge, Charoenrat, Rama III Bridge, dan Ratchaphruek (dapat menuju ke BTS Silom Line Talat Phlu).

Kapal yang membawa turis melalui sungai Chao Phraya

E. Chao Phraya Express Boat

Wuauw, kalau yang ini konsepnya keren deh, pake kapal dan ada halte-haltenya gitu (meskipun kapal yang saya naiki - Chao Phraya Tourist Boat - hanya berhenti di 8 halte North Bank dari total semua halte yang ada). Tahukah Anda terdapat dua bagian area halte sungai Chao Phraya sebagai berikut (fyi, untuk menambahkan kekurangan info yang ada di papan, saya juga ambil data dari Wikipedia, yakni untuk halte N31-N33 dan area South Bank):

  1. NORTH BANK (N): Central Pier (interchange dengan BTS Silom Line Saphan Taksin), Oriental (N1), Wat Muang Kae (N2), Si Phraya (N3), Harbour Department (N4), Rachawongse (N5), Memorial Bridge (N6), Rajnee (N7), Tha Tien (N8), Tha Chang (N9), Wang Lang (Siriraj) (N10), Thonburi Railway (N11), Phra Pin Klao Bridge (N12), Phra Athit (N13), Rama 8 Bridge (N14), Thewet (N15), Krung Thon Bridge (N16), Wat Thepnahree (N17), Payap (N18), Irrigation Department (N19), Kheaw Khai Ka (N20), Kiak Kai (N21), Bang Po (N22), Wat Soi Thong (N23), Rama 7 Bridge (N24), Pibul 1 (Phibun Songkhram 1) (N25), Wat Khema (N26), Wat Tuek (N27), Wat Kian (N28), Pibul 2 (Phibun Songkhram 2) (N29), Nonthaburi (Pipul 3/Phibun Songkhram 3) (N30), Ministry of Commerce (N31), Wat Klang Kret (N32), dan Pak Kret (N33);
  2. SOUTH BANK (S): Central Pier (interchange dengan BTS Silom LineSaphan Taksin), Wat Sawettrachat (S1), Wat Worachanyawat (S2), Wat Rat Singkhon (S3), Ratburana (S4)


EmoticonEmoticon