13/09/2015

Jajan #9 - Nyicip Bakmi "Nostalgia" Aboen di Pasar Baroe

Tags

#recycledpost #throwbackFeb2013

Minggu siang kemarin saya menghabiskan waktu beberapa jam buat nge-date sama mama di Pasar Baru (yang di Jakarta, bukan yang di Bandung). Agendanya: beli kaus kaki, bulu mata, celana warna ala-ala SNSD, cari tas, daaaan... makan mie Aboen!! Aakh, sudah agak lama nggak makan di sini...


Sungguh mudah menemukan rumah makan yang legendaris ini. Alamatnya di Jl. Gang Kelinci No. 10 atau simple-nya nih, terletak di sebuah gang kecil yang persis ada di sebelah Bakmi Gang Kelinci (adanya di ujung mentok daah). Begitu ketemu langsung disambut sama label emas yang berbunyi BAKMI A BOEN yang terpampang di atas sebuah papan hitam. Resto ini buka setiap hari, lho: Senin - Sabtu (07.00-20.00) dan Minggu (07.00-17.30).


Kebanyakan orang datang bersama dengan teman sebaya atau keluarga. Namun tidak sedikit pula dapat dijumpai wajah-wajah orang tua di sini. Saya bahkan papasan dengan sepasang kakek nenek dimana sang nenek sudah susah jalannya. Selain itu juga mendengar pengunjung senior lainnya berkata, "Iya nih, mau nostalgia!" Memang yah tempat ini identik dengan kata 'nostalgia'. Maklum, resto ini sudah terkenal sejak saya masih kecil.

Meskipun ramai, jangan khawatir kehabisan tempat duduk. Di dalam tersedia lebih dari 20 meja yang masing-masing bisa diduduki 4-6 orang. Kursinya empuk meski tanpa senderan. Hanya saja udaranya sedikit panas. Entah AC-nya tidak nyala atau karena saya memang duduk jauh dari AC dan lebih dekat kepada kipas angin.


Saya pun memesan semangkuk mie ayam jamur seharga Rp 20.000 (+ pajak jadi Rp 22.000) dan semangkuk pangsit kuah seharga Rp 8.000 (nggak kena pajak, isi tiga pangsit). Hmmm.. baik mie maupun pangsit, rasa keduanya memang enak. Mienya terasa lembut dan jenisnya beda dari yang biasa saya temukan di sejumlah tempat makan mie lainnya. Yang nggak kalah penting: porsinya besaaarr (mungkin = sekitar 2-2,5 porsi mie instan gitu) soalnya belum habis pun perut sudah terasa kenyang.

Ada cukup banyak pilihan menu di sini, nggak sekedar mie doang lhoo. Beberapa menu lainnya yang bisa kamu temukan di sini adalah aneka bakmi/bihun/kwetiau (dengan pelengkap ayam, babi, bakso, jamur, pangsit rebus, pangsit goreng, dan swikiau), gorengan (misalnya capcai goreng, ayam goreng, kodok goreng, ifumi, bakut asam manis, puyunghai, dsb), aneka nasi (misalnya nasi tim, nasi campur, nasi sapi cah cabai hijau, nasi ayam jamur, dsb), serta aneka minuman. Tentunya bisa jadi tujuan kuliner yang okeh kalau kamu lagi mampir ke Pasar Baru.


EmoticonEmoticon