13/09/2015

Jajan #2 - Masak Sendiri Spaghetti Bolognaise ٩◔‿◔۶

Tags

Yeeyyy, akhirnya berhasil juga masak Spaghetti Bolognaise. Saya yang dulunya nggak suka masak, karena tuntutan umur harus bisa juga. Tapi siapa sangka masak ternyata memang menyenangkan, biar sendiri atau rame-rame tetep asik, yah kecuali side effect-nya sih: beres-beres habis masak. Resepnya daku nyontek dari sini: http://bit.ly/NzvVP1. Tapi karena saya nggak ikutin sama persis dan baru pertama kali coba, rasanya masih belum sempurna sih, perlu belajar lagi. Tapi overall, cukup enak kok di lidah.


Bahan-bahannya yang saya pakai:
1. Tentu aja satu kotak spaghetti (saya beli yang 225 gram, meski akhirnya hanya saya pakai setengah, dan sisa saus yang super kebanyakan karena sausnya memang untuk spaghetti 225 gram, saya makan dengan nasi dan tetap nikmat! jadi nasi bolognise deehh.. ^^)

Yang di bawah ini di cincang halus semuanya:
2. Bawang bombai setengah aja.
3. Bawang putih dua siung.
4. Jamur. Biasanya sih orang suka pakai jamur kancing, tapi saya pakai jamur kuping (kira-kira lima lembar), rada nggak nyambung sih, tapi krenyes-krenyes kalau dimakan, nyam nyam nyam..
5. Tomat ukuran sedang tiga buah.

Ini bahan-bahan lainnya:
6. Kornet sapi satu kaleng yang 200 gram (karena belum terlalu ngerti masak daging sapi, dan karena masak daging sapi super lama bisa satu sampai dua jam, jadi pakai cara instan, hahaha) dan saya baru sadar kenapa disebut kornet, soalnya bahasa inggrisnya corned beef (sapi yang dikalengkan), wew...
7. Kaldu, nah ini salahnya saya, saya pakai kaldu ayam, harusnya pakai kaldu sapi ya karena sebelumnya sudah masak pakai kornet sapi, saya pakai dua blok dan dilarutin dengan satu gelas air mendidih.
8. Saus tomat, lima atau enam sendok.
9. Yang ini secukupnya: garam, lada putih, dan oregano (hati-hati oreganonya jangan terlalu banyak, nanti rasanya jadi tajam).
10. Minyak goreng sama margarin, masing-masing dua sendok.


Cara buatnya:
1. Panaskan minyak goreng dan margarin, terus tumis deh bawang bombay dan bawang putihnya.
2. Masukin jamur, oseng-oseng sekitar tiga menit. Habis itu baru masukin si kornet, oseng-oseng juga sambil dihancurin, kira-kira lima menit.
3. Sekarang masukin sisa bahan yang ada: tomat, saus tomat, garam, lada putih, oregano, sama kaldu. Jangan lupa dicicipin biar tahu ada yang kurang atau tidak. Nah, setelah itu saya diamkan kira-kira 45 menit dengan api super kecil, sambil sesekali diaduk agar tidak gosong.
4. Sambil nunggu, waktunya masak spaghetti. Sama aja sih kaya masak mie instan biasa, lebih lama sedikit, tinggal celupin ke air mendidih, tambahin garam sedikit, terus tungguin 5-7 menit.

Jadi deh, tinggal di tuang saus bolognaisenya ke spaghetti. atau kalau mau, dimakan pakai nasi juga enak. Sausnya bisa disimpan di kulkas dan dihangatkan lagi. Time to eat!


EmoticonEmoticon