13/09/2015

DIY: Random #7 - Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat. TERBUKTI!!


Seorang kerabat membuat saya terheran-heran karena wajahnya yang dulu penuh jerawat (bahkan sampai ke leher) kini sudah hilang 85%, sebuah perbedaan yang signifikan karena dibandingkan dulu, wajahnya kini tampak jauh lebih bersih, meski masih ada sedikit jerawat tersisa. Saya bertanya apa tipsnya, kemudian ia menceritakannya pada saya bagaimana jerawatnya hilang berdasarkan pengalamannya sendiri. Sebut saja namanya Steve.

Steve, supaya jerawat bisa hilang, apa harus ke dokter kecantikan?
"Kalau ke dokter yang mahal pasti sembuh. Seperti artis-artis begitulah. Tapi kalau nggak mau kantong jadi tipis, lalu pergi ke dokter yang murah, mungkin bisa sembuh mungkin juga tidak. Kalau menurut saya, jangan ke dokter, karena kamu bisa ketergantungan. Memakai obat dokter memang bisa membuat kulit ngelotok dan jerawat hilang, tapi prosesnya lama, dan juga perih."

Kalau begitu, ada alternatif lain?
"Kalau kamu nggak mau pakai obat dokter, kamu bisa beli obat cuci muka di apotik atau supermarket atau tempat sejenisnya. Tapi itu juga tergantung kulitmu cocok atau nggak. Kalaupun cocok, jerawat bisa hilang tapi lama dan juga jarang terjadi. Jadi yang saya sarankan itu cuci muka dengan sabun mandi biasa. Tapi pisahkan sabun yang kamu pakai mandi dengan sabun yang akan kamu pakai untuk mencuci wajah. Khusus beli satu sabun mandi untuk cuci mukamu. Yang memang kamu biasa pakai mandi juga boleh, karena kalau kamu biasa mandi dengan itu berarti sudah cocok dengan kulitmu. Kalau saya pakai Lifebuoy."

Jadi apa saja yang Steve lakukan untuk menghilangkan jerawat yang banyak membeludak itu?
"Pertama, jaga kebersihan. Maksudnya, segera cuci muka ketika muka terasa kering dengan sabun mandi yang tadi saya sebutkan. Cuci muka sebelum tidur. Cuci muka ketika mandi. Cuci muka sesampainya kamu tiba di rumah setelah beraktivitas di luar rumah. Kedua, makan buah. Buah apapun saya makan nggak kira-kira dalam jumlah yang nggak terhitung.(penulis tertawa). Jangan tertawa, saya serius, itu benar-benar saya lakukan! Nah... yang ketiga, berdoa, minta pertolongan sama yang di Atas, supaya jerawat hilang. Nggak boleh ditawar-tawar, ketiganya harus dilakukan."

Oooh, jadi itu rahasianya! Beres!! Oke deh, ada pesan lainnya?
"Hmm.. oh ya! Jangan sampai takut kotor karena mau jaga mukamu. Misalnya ketika bermain basket, menjaga muka sampai nggak mau kena badan orang lain. Gara-gara parno sendiri, saya sampai kalah waktu main basket deh.. Hahaha.."


EmoticonEmoticon