12/09/2015

Bedah Produk #4 - Ini OCTOPOD (GorillaPod), Tripod Praktis yang Bisa Melengkung

Suatu hari kakak saya yang suka fotografi pulang membawa sebuah tripod yang bentuknya aneh. Biasanya 'kan tripod terbuat dari besi panjang lurus gitu, tapi ketiga kaki tripod ini tersusun dari rangkaian pendek bola-bola ukuran kecil gitu. Hm. Interesting juga... Sekilas tampak biasa saja waktu dibuka. Tripod ini berdiri lurus dan tegak seperti tripod pada umumnya. Akhirnya saya pun menyimpulkan bahwa rangkaian bola itu hanya model tripodnya doang, biar stylish dan cantik supaya nggak monoton kayak tripod biasa gitu. Tapi ternyata...


... dengan sedikit tenaga ekstra karena agak keras (masuk akal sih, soalnya biar Octopodnya mantep berdiri pas dipakai), rangkaian bola tersebut bisa ditekuk dan dipelengkungin sedemikian rupa sesukamu sampai wujud tripod ini jadi abstrak dan terlihat bagai cumi-cumi (makanya disebut sebagai Octopod yang adalah kepanjangan dari octopus tripod. FYI, Octopod juga sering disebut sebagai GorillaPod).

Jadi bertanya-tanya, buat apa yah fungsinya? Sekilas kepikiran, mungkin ini buat atur tinggi rendah tripod tersebut. Hmmm... tapi kelihatannya nggak mungkin pembuatnya iseng banget bikin Octopod untuk atur tinggi rendah doang (dimana beda tingginya juga nggak signifikan dari posisi normal). Akhirnya setelah mikir-mikir lagi, saya tersadar bahwa fungsi bola-bola ini sangat keren!



Taaadaaa... ternyata kemampuan Octopod yang dapat melengkung membuatnya bisa digantung di permukaan yang tidak rata, seperti pada ujung ranjang di atas. Wauw! *norak* Dengan demikian, kini tidak perlu mencari meja atau tumpukan buku untuk bisa menaruh tripod, karena ada Octopod yang bentuknya sangat fleksibel dan bisa dikaitkan ke permukaan tak rata, bahkan sandaran kursi sekalipun. Gambar yang kamu jepret pun jadi sangat fokus karena kamera tidak akan goyang akibat guncangan tangan. Sangat convenient terutama buat kamera yang sensitif pada goyangan atau saat kita mengambil foto dalam kegelapan yang (arggggh) membuat foto jadi blur.

Oh ya, biar kecil-kecil begini, Octopod ukuran ini mampu untuk menahan beban kamera bagong ala DSLR lhoo..! Ada ukuran yang lebih kecil untuk digital camera, tapi Octopod yang ini juga bisa pas dipasangkan ke digital camera-mu. Kind of cool, rite?

Well, pernah kebayang menaruh kamera di atas drum untuk kemudian mengambil selfie-mu? Naah... dengan pakai Octopod, selfie-an jadi lebih asik kan? Hahaha.. Nggak perlu lagi bawa tripod konvensional yang panjang banget dan berat itu, karena kamu tinggal mencari benda-benda yang ada di posisi tinggi dan melilitkan Octopod di benda tersebut, misalnya seperti pada drum di atas. Setelah itu, tinggal pasang kameramu dan timer-nya, cari posisi pewe, dan say cheeeeseeee...!!


EmoticonEmoticon