12/09/2015

Bedah Produk #2 - Kantong Plastik Gulung Praktis

Di dalam kamar asrama di Korea yang saya tempati bersama teman saya hanya terdapat satu tong sampah. Nggak ada pembagian tugas siapa yang membuang sampah, inisiatif sendiri aja. Kalau memang melihat tong sampah sudah penuh, langsung saja diangkut ke ruang tempat sampah supaya nggak tumpah kemana-mana dan malah mengotori kamar.

Nah, setiap kali tempat sampah dikosongkan, saya akan butuh kantong plastik kosong untuk dimasukkan ke dalam si tempat sampah untuk menampung sampah-sampah berikutnya. Ada kalanya saya sudah nggak punya simpanan kantong plastik (maklum deh, soalnya di supermarket/minimarket Korea biasanya kena charge kalau mau bawa pulang barang belanjaan pakai kantong plastik, jadi kalau sindrom ngirit atau pelit lagi on, stok kantong plastik di kamar suka habis).

Ternyata teman sekamar saya punya solusinya: dia bawa kantong plastik gulung dari negaranya, China. Saya nggak tahu sih apakah di Indo ada atau nggak, tapi kala itu saya baru pertama kali liat. Kantong ini praktis banget, dan memang di-desain untuk buang sampah, jadi amat tipis.



Ada dua ukuran yang dibawa teman saya. Si hitam lebih kecil daripada si pink. Ini sudah separuh dipakai sih, aslinya lebih tebal lagi. Tingginya kira-kira segenggam tangan (total dari lebar seluruh jarimu, lebar lho lebar, bukan panjang). Enak banget buat dibawa jalan kemana-mana. Bisa dibawa masuk tas, atau dibawa untuk piknik keluarga yang so pasti butuh banyak kantong plastik.



Nah, si hitam ini kalau gulungannya diselorot kayak begini bentuknya. Tinggal disobek di bagian kupingnya. Oh ya, biasanya kuping kantong plastik ada dua 'kan (itu lho bagian yang buat diiketin jadi bentuk pita). Nah kalau kantong ini cuma ada satu. Jadi kalau mau diiket, iket sampai badan kantongnya (kebayang nggak? susah jelasinnya, hahaha)



Jreenggg... setelah di buka begini jadinya. Gede lho sebenernya. Meski gulungannya kecil, kalau udah dibuka lumayan besar juga, sekitar satu setengah kali ukurannya kantong-kantong supermarket gede di Indo.

Karena setiap kali butuh tinggal sobek, nggak pernah pusing lagi deh mikirin kantong plastik. Soalnya satu gulungan itu isinya lumayan banyak. Kapan yaaah di Indo ada juga (apa udah ada yah? hoho...)?. Terus kapan ya di Indo kalau belanja minta kantong plastik di-charge, biar pemakaian kantong plastik bisa berkurang drastis... semoga segera kejadian deh, supaya negara kita naik selevel kualitas lingkungannya.. =P


EmoticonEmoticon