20/09/2015

Bedah Produk #10 - Package Menarik Sebuah Obat Flu di Sydney


Suatu waktu saat Kakak saya pulang ke rumah dari perantauannya di negri Kangguru, tangan saya yang tidak bisa diam itu dengan jailnya mengacak-acak tas Kakak seperti anak kecil yang mencari permen lolipop. Di dalamnya saya temukan sebuah package produk yang menarik. Sekilas tampak seperti deretan vitamin dengan warna yang menarik, tapi waktu saya tanya, ternyata itu adalah obat flu. Bentuknya seperti ini:



Dimetapp merupakan salah satu merk obat flu yang ada di Sydney dan hadir dalam aneka wujud, seperti sirup dan kapsul seperti gambar di atas. Senang saja saya melihatnya, karena package seperti ini terlihat apik dan sangat practical untuk dibawa kemana-mana dimana look-nya seperti container obat yang berbentuk kotak-kotak kecil itu lho. Ada 24 tablet dalam satu genggam tangan saja! Ooh ya, satu kali konsumsi obat ini dosisnya sebanyak dua tablet, sehingga total satu sachet ini pas dipakai untuk 3 hari, kira-kira cukuplah sampai flu dan gejalanya sembuh (atau paling nggak membaik). Gejala flu yang dimaksud menyerang orang dewasa dan anak berusia 12 tahun ke atas, dimana mencakup sakit kepala dan demam, rasa sakit-sakit gitu di badan, sakit tenggorokkan, batuk kering, hidung meler, bersin, serta mata berair dan gatal.

Menariknya juga, obat ini dibagi jadi dua jenis sesuai kebutuhan:
1. Kapsul Oranye yang tidak menyebabkan kantuk untuk diminum di jam kita beraktivitas, dan dibagi menjadi morning, midday, dan afternoon.
2. Kapsul Biru yang menyebabkan kantuk untuk diminum di jam tidur supaya tidur jadi lebih nyenyak dan istirahat malam lebih pol (sehingga dilarang menyetir dalam kurun waktu 8 jam dari konsumsi kapsul biru).

Kalau mau minum obat tinggal keluarkan saja dari slot-nya sesuai jam konsumsimu. Dipikir-pikir ide ini keren sih mengingat banyak orang yang suka pikun terkait urusan minum obat ("tadi gw udah minum obat atau belom ya?"). Dengan adanya label seperti ini kita jadi ingat apakah sudah minum obat atau belum: misalnya kalau tadi pagi lupa minum obat, maka di label morning, obatnya masih akan ada disitu; tapi kalau sudah disobek, berarti tadi pagi kita sudah minum obat tersebut. Kreatif juga: ide package obat seperti ini boleh juga dicontoh untuk diadopsi oleh obat flu di Indo.


EmoticonEmoticon