19/09/2015

Jelajah Bandung #5 - Ngapain Aja di Rumah Sosis? Cekidot 3 Hal Ini!!

#recycledpost #throwbackSep2013

Pertama kali mendengar kata "Rumah Sosis", saya pikir tempat itu adalah resto kecil yang menjual aneka penganan sosis. Ternyata oh ternyata, rumah Sosis yang terletak di Bandung ini bukan sekedar rumah dan bukan sekedar sosis ^_^ Tempat ini nyatanya merupakan semacam mini theme park yang menyajikan aneka wahana bermain untuk anak dan keluarga dengan luas area yang cukup besar, selain juga jajanan-jajanan nikmat yang siap menemani liburanmu sambil menunggui anak atau sepupu kecilmu yang sedang asyik bermain di wahana yang tersedia. Ada apa saja di Rumah Sosis? Cekidot!!

1. Kuliner


Makan apa, makan apa, makan apa sekarang? Sekarang makan sosis, makan sosis, makan sosis tentunya!! Ada semacam bangunan kecil terpisah yang khusus menjual aneka makanan beku khas Rumah Sosis, jadi bisa kau bawa pulang dan goreng di rumah. Makanan beku yang bisa kamu temukan dan beli di sini antara lain:




Sosis dengan berbagai rasa, ukuran, dan bentuk (Mini Bockwurst, Super Bockwurst, Bockwurst, Super Jumbo, Chicken Frank, Chicken Jumbo, Black Pepper, Mini Black Pepper, Mini Lamb, Hot Cocktail, Beef Paprika, Garlic, dsb). Ada yang super puanjang, kira-kira sepanjang lengan bawah sampai ke jari tanganmu (kayanya itu yang namanya Super Jumbo). Harga satu pak sosis kebanyakan ada di kisaran 50-60ribuan. Misalnya Bockwurst seharga Rp 55.000, Chicken Frank seharga Rp 63.000 atau Super Jumbo seharga Rp 65.000.


Produk daging lainnya: aneka jenis baso yang harganya di kisaran Rp 25.000 - Rp 38.000 (misalnya ada baso goreng udaaang yang tercinta.. *ngiler denger kata udang*, juga ada baso cumi, baso smoked beef, baso ikan, baso sapi..), Croquette, Vegetable Chicken, Beef Burger, dsb.


Terdapat juga aneka mie organik. Ada package yang berisi mie organik bit (lihat gambar), mie organik cai (warnanya hijau, pasti terbuat dari sayuran), dan gabungan keduanya, yang disebut sebagai mie pelangi (pelangi pelangi alangkah nikmatmuuu.. ungu serta hijau di dalam mulutkuuu!!)


Dan yang buat langsung dilahap di tempat: es krim! Ada Ice Mochi Stick, Ice Mochi Cup, Ice Cup, Ice Cake, Es Lilin, dan Ice Stick.


Aneka makanan dan miniuman non-beku lainnya, seperti abon sapi pada gambar di atas, kue kering, yoghurt cup, teh botolan, dan sebagainya.


Selain membeli sosis beku, kamu bisa juga langsung melahap sosis yang dimasak live di hadapanmu. Ada satu stall di dekat tempat penyewaan kuda, dan ada satu stall lagi di dekat bangunan yang menjual aneka makanan beku di atas. "Sate Sosis" begitulah namanya. Harga setusuknya kala saya mampir ke situ adalah Rp 12.000 untuk Bockwurst, Rp 22.000 untuk Super Bockwurst, Rp 12.000 untuk Cheesy, Rp 13.000 untuk Black Pepper, dan Rp 12.000 untuk Chicken Cheesy.


Masih terdapat pula berbagai stand makanan dan minuman lainnya yang gak kalah seru, seperti jagung rebus, wedang ronde, martabak, pempek, lumpia, tempe mendoan, es pisang ijo, macaroni schootel, macaroni pasta, tahu gejrot, roti bakar, es cendol, aneka jus, es cincau selasih, batagor, sate, aneka tahu, dan buaanyaaak lainnya. Ada pula yang disebut kafetaria Rumah Sosis, tapi saya nggak ingat menjual apa yaa.. Ada juga bangunan lain yang khusus menjual oleh-oleh khas Bandung Salah satu makanan yang menjadi favorit saya adalah colenak (gambar kiri bawah), yakni tape singkong dengan baluran saus nikmat berbahan gula merah dan santan kelapa. Harganya dipatok Rp 7.000 atau Rp 7.500 gitu seporsinya.. (sedikit lebih mahal sih, soalnya kalau di luaran biasanya dijual goceng). Rasanya? 'uenak tenannn..

2. Wahana Permainan


Ada paket memancing. Bisa mancing ikan beneran di kolam yang tersedia, bisa juga mancing ikan bo'ongan yang pake magnet itu lhooo. Hahaha...


Ada perosotan dan rumah pohon. Tiketnya seharga Rp 30.000 (gratis es krim). Di area ini dapat pula kamu temukan ayunan dan rumah bola.


Ada main lempar bola basket. Ada hadiahnya lhoo tergantung berapa jumlah bola yang bisa kamu masukkan (tiket untuk main permainan lain, es krim cone, sama sosis). Di sebelahnya ada juga permainan menjatuhkan kaleng yang telah disusun vertikal bak segitiga (timpuk dengan bola tenis), serta pemainan mini golf.


Ada bumper car dengan tarif Rp 20.000. Di arena sebelahnya anak-anak juga bisa mengelilingi sirkuit dengan mengendarai sepeda, otoped, atau becak kecil dengan harga Rp 30.000!


Ada lorong sesat seharga Rp 18.000. Main maze gitu dimana kamu harus menemukan pintu keluarnya. Di dalamnya ada banyak kreasi seperti air yang tiba-tiba muncrat, jalanan berbatu, kayu berayun, melewati jaring-jaring tambang, dan sebagainya. Saya ikut masuk ke dalam menemani sepupu saya yang masih kecil untuk bermain. Percayalah, kalau kamu bukan anak-anak lagi ini masuk ke sini nggak seru (T.T #berasatua) dan sayang duitnya, wkwk. Tapi kalau anak-anak sih lain cerita... Hahaha..


Next, here we go: flying fox! Harganya berkisar antara Rp 10.000 - Rp 20.000, tergantung paket yang kamu pilih.


Kolam renang. Selain yang tertera di gambar (kolam pendek yang dilengkapi dengan perosotan, ring basket, pancuran air yang bentuknya unik - airnya dialirkan pakai traffic cone, bola-bola warna warni dsb), ada kolam lainnya yang jauh lebih luas dengan kedalaman yang lebih dalam dimana banyak orang dewasa pula yang berenang di dalamnya. Tiket renang seharga Rp 25.000.


Ada juga yang bentuknya bak mandi kecil kayak begini lhoo...


Ada juga mainan kora-kora mini di sini.. Harganya Rp 20.000.


Wahana ini disebut "mobil baterai". Keliatannya sih adalah mobil yang di-charged pake listrik gitu. Tiketnya seharga Rp 18.000. Aakh jadi inget masa kecil, suasana rumah jadi rame banget setiap kali berebutan naik mobil-mobilan gini dengan kakak adik saya. hahaha..


Kalo mo lebih canggih lagi atau lebih berasa adventure-nya, bisa naik ATV juga lhoo... Tiketnya seharga Rp 35.000.


Wuahh.. ada kuda juga di sini! Ingin menungganginya? Beli dulu tiketnya seharga Rp 18.000..!


Di balik pintu ini ada Cinema 4D (katanya pakai kursi goyang special effectdengan sensasi nyata). Harga tiketnya Rp 25.000. Nama-nama film yang tertera di pintunya antara lain ada "Dracula's Castle", "Alice in Wonderland", "Paradise Coaster", "Jewel Quest", dan "Galaxy Wars 2".


Dan masih ada berbagai permainan lainnya. Ada juga nih paket main gratis kalau beli tiket sekaligus untuk beberapa wahana permainan...

3. Lainnya


Selain kuliner dan wahana permainan, ada juga penjual keperluan anak-anak (stiker, boneka, baju, guling, dan merchandise untuk anak lainnya). Ada juga stand lain yang jual mainan kreativitas anak.


Baju bergambar sosis yang bisa ditemukan di pondok yang khusus menjual makanan-makanan beku di atas.


Penjual kaktus dimana satu potnya dihargai Rp 5.000.


Jasa lukis tangan ala-ala orang India gituuu (biasanya tuh temen yang pergi ke Bali, suka ada aja yang dilukis tangannya).


Time to say goodbye...


Setelah puas menghabiskan waktu di Rumah Sosis, saatnya kembali ke penginapan atau berangkat menuju ke destinasi berikutnya! Eitts ternyata pas kite balik, bagian belakang mobil sudah ditempeli oleh stiker Rumah Sosis ini (baru nyadar pas pulang ke rumah).. *lucuuu* mirip Homer Simpson, yaahh.. Ada stiker yang bentuk rumah juga loh.


EmoticonEmoticon