13/09/2015

DIY: Prakarya #1 - Cara Membuat Dus/Box Makanan Sendiri (dengan POLA Mudah)


Suatu sore ketika menjadi panitia sebuah acara, saya mendapat sebuah dus berisi snack dan air cup untuk ngemil bersama teman-teman panitia. Waktu saya perhatikan, kelihatannya tidak sulit membuat box tersebut sehingga saya simpan untuk jadi bahan referensi di masa depan. Teman-teman juga bisa belajar membuatnya lhooo.. Tinggal siapkan karton yang tebal, gunting, penggaris, pensil, dan tekad "kerapian" untuk membuatnya. Ini adalah tampak dalam dari box tersebut:


Dan ini adalah ukuran detilnya (dalam cm). Perhatikan bahwa garis putus-putus adalah bagian yang harus kamu gunting. Sedangkan garis biasa adalah bagian yang nanti harus kamu lipat. Jangan sampai salah ya! Bagian yang kayak awan sengaja dibentuk awan biar kelihatan cantik. Bisa kamu gunting lurus atau gunting dengan pisau bergerigi jugaaa... sekreatifmu deeh!


Setelah jadi tinggal dilipat deh! Perhatikan juga gambar di bawah ini. Yang dibulatkan putih nantinya diselipkan ke yang dibulatkan hitam dan itu berlaku untuk semua bagian yang polanya seperti itu. (Ralat: yang r=2 itu maksudnya tinggi bentuk tersebut 2cm, dan lebar bentuk tersebut 2cm)


Selamat mengerjakan - DIY!

2 comments

bikin tutorial bikin box snack yg buat orang nikahan dong,,yg terbuat dri kardus??

Hi there :) Trims gan, masukannya ane tampung dulu ya.


EmoticonEmoticon